DetikNews
Minggu 15 Oktober 2017, 07:14 WIB

Kode Misterius ala 'Detective Conan' di Surat Teror Bom Sumedang

Niken Purnamasari - detikNews
Kode Misterius ala Detective Conan di Surat Teror Bom Sumedang Foto: istimewa
Jakarta - Sebuah surat yang berisi teka-teki ala film dan komik detektif membuat geger warga Sumedang. Surat itu berisi ancaman bom di sebuah mal. Penulis surat menyelipkan teka-teki berupa kode yang harus dipecahkan agar bom itu tak diledakkan.

Surat ditemukan di area parkir sepeda motor mal Asia Plaza, Jalan Mayor Abdurahman, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Jumat (13/10) kemarin. Dalam selebaran berupa tulisan cetak, penemu surat diminta untuk memecahkan kode yang dapat menuntun ke lokasi.

"Anda pecinta misteri detective? Pecahkanlah kode ini sebelum Plaza Asia Sumedang meledak karena bom! Ancaman ini serius dan tidak main-main. Kalian saya beri waktu sampai hari Minggu pukul 24.00 WIB," bunyi isi surat yang diketik dalam huruf kapital.

Pelaku menyebut bom yang diledakkan merupakan bom rakitan tipe AXCL400 dengan daya ledak radius 10 meter. Seperti di komik terkenal asal Jepang, Detective Conan, pelaku memberikan petunjuk soal lokasi bom. Begini isinya.

"Terdengar suara gemuruh di waktu tertentu. Memotong bagian putih yang keras. Iringan sorak mengantarkan ke neraka. Bila sudah dipecahkan temui aku di 13.1.19.10.9.4"

Polisi segera bertindak menelusuri kebenaran surat itu. Tim Jihandak Brimob Polda Jabar telah menyisir mal Asia Plaza di Sumedang terkait surat ancaman teror bom. Polisi memastikan tidak ada benda berupa bom di mal tersebut.

"Bomnya tidak ada. Itu hanya sebatas teror saja," ucap Kabid Humas Polda Jabar Kombes Yusri Yunus kepada detikcom via sambungan telepon, Sabtu (14/10/2017).

Menurut Yusri, surat teror tersebut memang sengaja disimpan pelaku di mal Asia Plaza, Jalan Mayor Abdurahman, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Persaingan bisnis diduga menjadi pemicu munculnya surat ancaman bom tersebut.

"Motifnya diduga karena persaingan bisnis. Karena bukan hanya sekali ini saja, sudah enam kali terjadi dan baru dilaporkan yang temuan kemarin," tuturnya.

Meski disebut polisi bom tersebut tidak ada, surat misterius itu masih jadi perbincangan di sejumlah grup Facebook. Khususnya grup yang membahas hal soal detektif. Banyak yang berusaha memecahkan kode di surat teror tersebut.

"Suara gemuruh di waktu tertentu = Adzan 5 waktu. Memotong bagian putih yang keras = suara adzan yangg nembus ke dinding masjid (biasanya warna putih). Iringan sorak mengantarkan ke pintu neraka = Udah adzan tapi orang-orang pada berisik atau sibuk sendiri yang menyebabkan lalai dalam beribadah. 13.1.19.10.9.4 = M.A.S.J.I.D," tulis akun Abdillah Utama di Facebook.

"Lokasi ketemuan "M A S J I D" "13 1 19 10 9 4" kata akun Sunu Widhy.
(nkn/dnu)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed