DetikNews
Minggu 15 Oktober 2017, 01:45 WIB

Polisi dan TNI Razia, Pebalap Liar di Garut Kocar-kacir

Hakim Ghani - detikNews
Polisi dan TNI Razia, Pebalap Liar di Garut Kocar-kacir Razia balap liar, motor pebalapnya diangkut. (Hakim Ghani/detikcom)
Garut - Puluhan pemuda kocar-kacir saat terpergok melakukan balapan liar oleh personel gabungan Polri dan TNI di Garut, Jawa Barat. Aksi kejar-kejaran pun tak terhindarkan.

Aksi balapan liar tersebut berlangsung Sabtu (14/10) malam di Jalan Patriot, Kecamatan Tarogong Kidul, Garut, atau tepatnya di kawasan perkantoran Pemkab Garut.

Kabag Ops Polres Garut Kompol Liman Heryawan mengatakan balapan liar yang sering digelar setiap malam Minggu itu meresahkan masyarakat.

"Kami menerima laporan dari masyarakat bahwa di Jalan Patriot sering ada balap liar, kemudian kita langsung terjun ke lapangan dan benar ada," ungkap Liman kepada wartawan di Jalan Ahmad Yani, Garut Kota, Garut, Minggu (15/9) dini hari.
Polisi dan TNI Razia, Pebalap Liar di Garut Kocar-kacir Foto: Razia balap liar (Hakim Ghani/detikcom)

Petugas terjun ke lokasi sekitar pukul 23.00 WIB. Saat di lokasi, sejumlah pebalap liar yang mengetahui keberadaan petugas, langsung kocar-kacir. Mereka mencoba untuk kabur, sebagian kabur dan bersembunyi di halaman kantor pemerintahan dan di tengah-tengah pemukiman warga sekitar.

Beruntung petugas bergerak cepat dengan mengepung para pebalap liar itu dari berbagai sisi. Hasilnya, belasan pebalap liar tersebut berhasil diciduk.

"Ada 12 motor yang diamankan bersama pemiliknya. Motor tersebut juga tidak dilengkapi dengan surat-surat. " katanya.

Belasan motor beserta pemiliknya tersebut langsung diangkut petugas menuju Mapolres Garut, Jalan Sudirman, Karangpawitan untuk dicek kembali kelengkapannya.
Polisi dan TNI Razia, Pebalap Liar di Garut Kocar-kacir Foto: Razia balap liar (Hakim Ghani/detikcom)

"Memang selain mencegah adanya balapan liar, kami mengantisipasi adanya curanmor," ungkapnya.

Selain mengamankan belasan pebalap liar yang tertangkap, dalam Operasi Penyakit Masyarakat (Pekat) ini petugas juga menyisir sejumlah tempat yang disinyalir menjadi tempat jualan miras oplosan.
Polisi dan TNI Razia, Pebalap Liar di Garut Kocar-kacir Tempat jualan miras oplosan digeledah polisi dan TNI. (Hakim Ghani/detikcom)

"Di Terminal (Guntur Malati, Garut) kita dapatkan di salah satu gudang, kedapatan satu dus ciu. Mungkin (isinya) ada seratus lebih, nanti kita cek kembali," pungkasnya.


(dnu/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed