detikNews
Sabtu 14 Oktober 2017, 16:19 WIB

MUI dan Perhutani Ajak Ormas dan Ponpes Berdayakan Petani Jagung

Ferdinan - detikNews
MUI dan Perhutani Ajak Ormas dan Ponpes Berdayakan Petani Jagung Ilustrasi panen jagung. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Majelis Ulama Indonesia (MUI) menggandeng Perhutani untuk memberdayakan petani jagung dan kacang-kacangan di Jawa Timur. Selain itu ormas Islam dan pondok pesantren ikut dilibatkan.

"Pemerintah menargetkan swa sembada pangan khususnya jagung, kedele dan kacang tahun 2019," kata Kepala Devisi Perhutani Sangudi saat bertemu Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat (KPEU) MUI Azrul Tanjung dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Sabtu (14/10/2017).

Program yang akan dilakukan berbentuk kemitraan bersama petani jagung dan kacang. Rencananya mereka juga kan melakukan penanaman perdana jagung dan kacang bersama Ketum MUI KH Ma'ruf Amin dan Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki pada 31 Oktober 2017 di Bojonegoro.

Sangudi kemudian berpesan, harus ada pendampingan untuk para petani itu. Pemerintah akan mensubsidi pupuk, sedangkan lahan akan disediakan oleh Perhutani.

Sangudi menawarkan 175.000 hektare untuk dikerjasamakan bersama Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH). Tak hanya Perhutani, pihak swasta yakni Medco dan Garuda Food.

"Upaya ini sebagai tindak lanjut Kongres Ekonomi Umat MUI pada 22 sd 24 April 2017 lalu," kata Azrul Tanjung.
(fdn/bag)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com