DetikNews
Sabtu 14 Oktober 2017, 08:01 WIB

Peringati Hari Lansia, Massa Perempuan Kampanyekan Waspada Bencana

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Peringati Hari Lansia, Massa Perempuan Kampanyekan Waspada Bencana Kampanye di Tugu Proklamasi (Marlinda Oktavia Erwanti/detikcom)
Jakarta - Massa yang sebagian besar perempuan dan orang lanjut usia (lansia) memadati Tugu Proklamasi. Mereka berkampanye tentang waspada bencana sekaligus memperingati Hari Lansia Internasional, yang jatuh pada 1 Oktober.

Berdasarkan pantauan, peserta kampanye mulai memadati area Tugu Proklamasi pada pukul 07.30 WIB. Sebagian besar peserta yang merupakan perempuan lansia tersebut mengenakan kaus berwarna hijau bertulisan 'Berdayakan Peran Perempuan Menuju Indonesia Hebat'.

Peringati Hari Lansia, Massa Perempuan Kampanyekan Waspada BencanaMassa didominasi perempuan dan para lansia. (Marlinda Oktavia Erwanti/detikcom)

Kampanye tersebut digelar oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA). Sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana, yang kemudian diikuti dengan Peraturan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nomor 13 Tahun 2014 tentang Pengarusutamaan Gender di Bidang Penanggulangan Bencana, yang mewajibkan gender diintegrasikan dalam tahap sebelum tanggap darurat dan sesudah bencana.

Di pintu masuk, peserta disambut dua penerima tamu yang mengenakan pakaian adat Kalimantan Timur. Sejumlah polisi perempuan juga menjaga di pintu masuk.

Peringati Hari Lansia, Massa Perempuan Kampanyekan Waspada BencanaMereka mengkampanyekan waspada bencana. (Marlinda Oktavia Erwanti/detikcom)

Salah satu peserta, Amenah (72), dari Depok mengaku antusias mengikuti acara ini. Ia mengatakan mendapatkan informasi kampanye ini dari posbindu di tempatnya.

"Antusias sekali. Ini tahunya dari posbindu di tempat saya," katanya di Tugu Proklamasi, Jalan Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (14/10/2017).

Rencananya kegiatan ini akan diisi dengan senam pagi, sambutan-sambutan, penandatanganan spanduk, dan musik. Akan hadir dalam kampanye ini Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak Yohana Susana Yembise dan Deputi Perlindungan Hak Perempuan KPPPA Vennetia R Dannes.
(dhn/dhn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed