DetikNews
Jumat 13 Oktober 2017, 18:31 WIB

Polisi Tangkap Sindikat Pencuri Sepeda Motor di Tamansari

Arief Ikhsanudin - detikNews
Polisi Tangkap Sindikat Pencuri Sepeda Motor di Tamansari Foto: Sindikat pencuri sepeda motor di Tamansari ditangkap (Istimewa)
Jakarta - Afdian (27) dan Kupe (26) merantau dari Pandeglang, Banten ke Jakarta untuk mencari pekerjaan. Namun, karena tidak mendapat pekerjaan, mereka memilih mencuri sepeda motor.

"Motivasi pelaku ini, dia pengangguran untuk biayai anak istri. Dari kampung ke Jakarta berharap dapat kerja ternyata susah, akhirnya belajar mencuri," ucap Kanit Reskrim Polsek Tamansari Kompol Bintoro saat dihubungi detikcom, Jumat (13/10/2017).

Mereka belum lama tinggal di Jakarta, baru sekitar sebulan. Berdalih tidak tahan menganggur, keduanya mencuri.

"Dari pengakuan tersangka, baru satu bulan datang ke Jakarta," kata Bintoro.

Polisi Tangkap Sindikat Pencuri Sepeda Motor di TamansariFoto: Sindikat pencuri sepeda motor di Tamansari ditangkap (Istimewa)

Mereka mencuri sepeda motor di minimarket-minimarket di Jakarta. Saat mencuri motor di Tamansari pada Rabu (11/10), pelaku tertangkap Subnit Buser Polsek Tamansari.

"Modusnya mencuri memakai kunci T. Kemudian motor dijual ke penadah dengan harga 1,5 juta per unit. Dari tangan pelaku kita amankan empat sepeda motor," kata Bintoro.

Polisi Tangkap Sindikat Pencuri Sepeda Motor di TamansariFoto: Sindikat pencuri sepeda motor di Tamansari ditangkap (Istimewa)

Setelah itu, Subnit Buser yang dipimpin AKP Erick Sitepu mencari penadah motor itu. Penadah pun ditangkap di Tangerang pada Kamis (12/10) malam.

"Charli Dharmawan alias Koko (39) diamankan di rumahnya di Karawaci, Tangerang saat sedang tidur," ucap Kasubnit Buser Polsek Tamansari, AKP Erick Sitepu.

Motor yang dijual ke Koko, rencananya disalurkan ke daerah luar Jakarta. "Oleh penadah motor-motor dijual ke Ujung Kulon," ucap Erick.


(aik/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed