DetikNews
Jumat 13 Oktober 2017, 17:20 WIB

Komisi II DPR: Keluhan Parpol tentang Sipol KPU Dapat Diatasi

Dwi Andayani - detikNews
Komisi II DPR: Keluhan Parpol tentang Sipol KPU Dapat Diatasi Wakil Ketua Komisi II DPR Ahmad Riza Patria (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Wakil Ketua Komisi II DPR Ahmad Riza Patria bertemu Ketua KPU untuk berdiskusi tentang proses sistem informasi partai politik (sipol). Riza mengatakan masalah yang dikeluhkan parpol tentang sipol dapat diatasi.

"Jadi sipol ini justru sangat memudahkan, terkait masalah yang dikeluhkan servernya mati sudah kami tanyakan. Ternyata sipol selama proses 14 hari ini tidak pernah mati. Sempat memang down, hanya beberapa menit dan beberapa detik saja dan tidak ada masalah," ujar Riza di gedung KPU, Jl Imam Bonjol, Jakpus, Jumat (13/10/2017).

Permasalahan lain yang dikeluhkan parpol adalah adanya nama daerah yang sama. Riza mengatakan hal ini juga dapat diatasi selama pengguna memahami cara pengisian.

"Masalah ada nama-nama desa yang sama, itu sesungguhnya di beda kabupaten/kecamatan. Itu juga bisa diatasi, selama user atau penggunanya memahami cara-cara pengisian," kata Riza.

Hal lain yang kerap menjadi permasalahan saat pengisian data adalah adanya data ganda. Menurut Riza, itu juga tidak sulit diatasi, terlebih jika partai terus berdiskusi dengan KPU.

"Masalah ketiga, umpamanya masalah pengisian di entry, kemudian di-entry lagi itu ada double nama. Itu juga tidak sulit mengatasinya, jadi sejauh pengguna masing-masing partai memahami cara-cara dan berdialog berdiskusi dengan help desk di sini, saya kira nggak ada masalah," ujar Riza.

Riza berharap kondisi sipol yang lebih mudah dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Ia juga berharap parpol dapat memanfaatkan sipol dengan baik sehingga mempermudah proses verifikasi.

"Harapan kami, Komisi II, sipol yang sekarang karena lebih mudah lebih sederhana dan easy user, mudah-mudahan sipol ini berjalan sebagaimana harapan kita semua. Dan tentu semua partai bisa menggunakan dan memanfaatkannya, sehingga mempermudah proses verifikasi," kata Riza.
(dkp/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed