DetikNews
Jumat 13 Oktober 2017, 17:08 WIB

PKS Minta Rencana 100 Hari Pertama Anies-Sandi Dikawal

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
PKS Minta Rencana 100 Hari Pertama Anies-Sandi Dikawal Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid (Dok. MPR)
Jakarta - PKS punya pesan kepada Anies Baswedan dan Sandiaga Uno, yang segera dilantik menjadi Gubernur-Wakil Gubernur DKI Jakarta pada 16 Oktober mendatang. PKS mengingatkan Anies-Sandi soal program 100 hari kerja dan reklamasi. PKS merupakan parpol pengusung Anies-Sandi semasa Pilgub DKI.

"Yang perlu dikawal betul agar beliau betul-betul melaksanakan janjinya terkait program 100 hari, termasuk beberapa yang sekarang ini sudah jadi bagian dari yang dituntut masyarakat, salah satunya terkait dengan konsistensi menolak reklamasi," ujar Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid di gedung DPR, Jakarta, Jumat (13/10/2017).

Hidayat mendukung Anies-Sandi konsisten akan janji kampanye mereka, yakni menolak reklamasi. Hal itu merupakan bagian dari amanah. Selain itu, penolakan melanjutkan reklamasi, menurut Hidayat, merupakan hal yang wajar.

"Menjadi pemimpin di suatu amanah, apakah itu gubernur dan lain sebagainya, memang haruslah selain kepercayaan rakyat juga melaksanakan peraturan perundang-undangan. Kalau belum ada perda (peraturan daerah) terkait reklamasi, ya masak kemudian membiarkan terjadi reklamasi?" tutur dia.

Menurut Hidayat, bernegara harus berlandaskan hukum, apalagi memang Indonesia menganutnya. Karena perda reklamasi belum ada, menurut Hidayat, pelanjutan reklamasi tak tepat.

"Kalau aturannya belum ada dan tak membolehkan, ya jangan dilanjutkan dong. Karena itu, jangan dicabut moratorium. Karena itu, apa yang disampaikan sebelumnya, menolak reklamasi, penting untuk tetap beliau istikamah di sana," pungkasnya.
(gbr/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed