DetikNews
Jumat 13 Oktober 2017, 17:02 WIB

Netizen-Fotografer Ramai Kritik Tugu di Gunung Bromo: Bikin Jelek!

Niken Purnamasari - detikNews
Netizen-Fotografer Ramai Kritik Tugu di Gunung Bromo: Bikin Jelek! Foto: Twitter @arbainrambey
Jakarta - Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) di Malang, Jawa Timur, kini punya penampilan baru. Ada tugu bertuliskan nama taman nasional tersebut. Bukannya menuai pujian, kemunculan tugu itu malah banyak dikritik.

Foto munculnya tugu nama di Bromo itu salah satunya diunggah oleh fotografer profesional, Arbain Rambey, di Twitter. Di foto tugu terdapat tulisan 'The Sea of Sand. Bromo Tengger Semeru'.

Dalam cuitannya, Arbain sekaligus bertanya kepada netizen apakah tugu nama tersebut membuat indah Bromo atau justru sebaliknya.

"Tugu ini bikin bagus atau bikin jelek?" cuit @arbainrambey, Jumat (13/10/2017).



Netizen langsung bereaksi terhadap tweet Arbain. Ada yang berkomentar tugu nama itu membuat pemandangan di Bromo lebih bagus, ada pula yang berkomentar sebaliknya. Jika dilihat dari komentar netizen, lebih banyak yang bereaksi negatif terhadap tugu tersebut.

Kemunculan tugu di Bromo disebut netizen malah menghilangkan esensi keindahan alam di Bromo.

"Bagus, bisa frame foto Instagram," tulis @si_donsi.

"Bagus kok om..Bagusnya diancurin.." cuit akun @MikiRingan.

"Estetikanya jadi kurang. Biar alami lebih bagus," kata @Ryan23_.

"Bikin jelek mas," tulis akun @boz_ocid.

Arbain pun ikut berkomentar soal tugu di Bromo yang menjadi polemik itu. Menurutnya, penampilan Bromo sebelum ada tugu tersebut jauh lebih bagus dan natural. Khususnya bagi pencinta fotografi.

"Background kawah atau lautan pasir jelas lebih keren daripada background benda buatan kayak gitu," kata Arbain.



Kritik terhadap tugu di Bromo juga datang dari wakil komunitas Masyarakat Pecinta Fotografi Indonesia dan Sahabat Bromo, Sigit Pramono. Ia mengatakan pembangunan tugu nama justru membuat jelek foto panorama alam yang diambil di sana. Kritik itu ia tujukan kepada Kementerian Pariwisata RI.

"Kami atas nama Sahabat Bromo dan Masyarakat Fotografi Indonesia menyampaikan protes atas tindakan besar Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang telah membangun tugu besar di laut pasir Bromo dan padang savana Bromo," tulis Sigit dalam keterangan yang diterima detikcom, Jumat (13/10).

"Satu hal yang jelas pihak Taman Nasional Bromo Tengger Semeru hanya menghambur-hamburkan uang saja. Padahal uang itu bisa digunakan untuk hal lain yang lebih bermanfaat, misal menambah jumlah toilet di kawasan Bromo," sambung tulisan itu.

Sigit juga berharap kritik itu dapat segera ditindaklanjuti agar pemandangan alam di Bromo bisa dinikmati lebih baik.
(nkn/tor)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed