DetikNews
Jumat 13 Oktober 2017, 15:53 WIB

PAN Minta KPU Jamin Keamanan Data Sipol

Dwi Andayani - detikNews
PAN Minta KPU Jamin Keamanan Data Sipol Foto: Waketum PAN Hanafi Rais (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Partai Amanat Nasional (PAN) menganggap Sipol sebagai bentuk ikhtiar, dalam memodernisasi demokrasi. Namun PAN meminta agar data yang dimasukkan dalam Sipol, dapat dijamin dari kejahatan cyber crime.

"Kami menganggap, ikhtiar untuk memodernisasi demokrasi melalui Sipol patut diapresiasi. Kami bisa katakan, walau pada awalnya ada kesulitan teknis tapi sepanjang malam kami nikmati bagian input sipol ini," ujar Wakil Ketua Umum PAN Hanafi Rais, di gedung KPU, Jl Imam Bonjol, Jakpus, Jumat (13/10/2017).

Hanafi meminta KPU menjaga keamanan seluruh data, yang terdapat dalam Sipol. Untuk menghindari potensi kejahatan terhadap data pribadi anggota partai.

"Mohon dijamin betul keamanan data-data yang kami sudah serahkan ke KPU, dari segala potensi kejahatan cyber crime yang belakangan ini marak. Kita ingin mohon dijaga privasi data pribadi seluruh anggota tersebut," ujar Hanafi.

Hanafi mengatakan terdapat beberapa kendala, dalam melakukan pengisian data Sipol. Hal ini karena banyaknya syarat yang diperlukan, dan kendala teknis seperti break server.

"Memang perlu adaptasi di awal karena syaratnya demikian rigid karena harus masukkan rekap KTA, pengurus, dan syarat-syarat lain. Setelah kita pelajari, maka kita buat tim untuk memasukkan data dan kelanjutannya kita jalani dengan lebih mudah," ujar Hanafi.

"Kendala teknis misalnya sempet break server selama sejam, tapi keseluruhan lancar," sambungnya.
(nvl/nvl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed