DetikNews
Jumat 13 Oktober 2017, 14:58 WIB

Melihat Menara Saidah, Gedung Perkantoran yang Tak Berpenghuni

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Melihat Menara Saidah, Gedung Perkantoran yang Tak Berpenghuni Menara Saidah (Kanavino/detikcom)
Jakarta - Menara Saidah kembali ramai diperbincangkan. Kali ini bukan soal cerita mistis dan kabar miringnya konstruksi menara tersebut, melainkan soal tanah longsor akibat galian konstruksi light rail transit (LRT). Lalu, bagaimana penampakan gedung yang sudah kosong sejak 2009 itu?

Berdasarkan pantauan detikcom di Jalan MT Haryono, Jakarta Selatan, Jumat (13/10/2017), tak ada aktivitas yang terpantau di dalam gedung. Hanya sebagian petugas proyek LRT yang berada di luar sedang bekerja.

Melihat Menara Saidah, Gedung Perkantoran yang Tak BerpenghuniMenara Saidah (Kanavino/detikcom)

Gedung kosong ini juga terlihat tak terurus. Sebagian kaca tampak pecah dan sudah kusam.

Di depan gedung, aktivitas pembangunan proyek LRT terus berjalan. Alat berat juga terpantau berada di lokasi. Pembatas juga dipasang di sekitar area proyek LRT.

Melihat Menara Saidah, Gedung Perkantoran yang Tak BerpenghuniMenara Saidah (Kanavino/detikcom)

Gedung ini sebenarnya menyita perhatian Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Djarot Saiful Hidayat, yang waktu itu menjabat wakil gubernur, sempat meminta gedung tersebut diaudit dan dirobohkan.

"Kita sudah minta tolong untuk diaudit Dinas Tata Kota sampai kita mau robohin. Tapi katanya sengketa," ujar Djarot di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (17/10/2016).

Melihat Menara Saidah, Gedung Perkantoran yang Tak BerpenghuniMenara Saidah (Kanavino/detikcom)

Tak hanya itu, bangunan Menara Saidah juga kerap dikabarkan miring. Konstruksi bangunan gedung disebut miring 0,03 derajat.

Selain itu, yang tidak kalah menarik adalah cerita mistis dari menara tersebut. Sebagian warga bahkan sengaja datang ke gedung kosong itu hanya untuk uji nyali.

[Gambas:Video 20detik]


(knv/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed