DetikNews
Jumat 13 Oktober 2017, 14:36 WIB

Ini Video 2 Orang Hanyut Saat Bendungan di Serang Dikuras

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Ini Video 2 Orang Hanyut Saat Bendungan di Serang Dikuras Foto: Thinkstock
Serang - Festival Bedolan Bendungan Pamarayan atau pengurasan air di bendungan Serang pada Kamis (12/10/2017) kemarin memakan korban. Dua orang hanyut atas nama Ateng (45) dan Jupri (30) asal Desa Baru, Pamarayan.

Keduanya terbawa arus begitu 8 pintu air di bendungan tersebut dibuka. Korban bernama Jupri berhasil diselamatkan dan dibawa ke puskesmas terdekat. Sedangkan Ateng masih dalam pencarian tim SAR dan BPBD Kabupaten Serang.

Dari video yang didapat detikcom, detik-detik kejadian nahas tersebut bermula ketika bendungan baru saja dibuka oleh panitia Festival Bedola Pamarayan sekitar pukul 10.00 WIB. Keduanya terlihat menaiki rakit dari bambu saat bendungan tersebut dibuka.

Warga yang menyaksikan aksi nekat keduanya kemudian mengambil video mengenaskan tersebut. Terlihat di atas rakit sebuah alat penyaring ikan, sedangkan Jupri dan Ateng berdiri dan duduk di setiap ujung rakit.

Panitia pelaksana Festival Bedolan Pamarayan, Hagis Triyuana, saat dihubungi detikcom membenarkan video yang beredar tersebut. Ia mengatakan kedua korban langsung ke bagian tengah bendungan begitu tahu pintu air dibuka. Padahal saat itu pembukaan pintu air menyebabkan arus air menjadi besar.

"Jadi pas pintu (air) dibuka, yang orang dua itu langsung pakai rakit ke tengah," kata Hagis saat dihubungi detikcom, Serang, Jumat (13/10).

Menurutnya, tim pengamanan dari panitia festival kemudian mencari kedua orang tersebut. Satu orang atas nama Jupri berhasil diselamatkan, sedangkan satu korban lain sampai hari ini belum ditemukan.

"Yang satu selamat, tapi yang satu masih dalam pencarian," katanya.

Pada waktu kejadian, Hagis menambahkan, kondisi masyarakat yang datang waktu itu sedang banyak-banyaknya. Panitia lokal tidak dapat melarang warga yang antusias mencari ikan begitu bendungan Pamarayan dikuras.

(bri/tfq)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed