DetikNews
Kamis 12 Oktober 2017, 19:44 WIB

Bio Farma: Persiapan Sertifikasi Halal Vaksin MR Sudah Disiapkan

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Bio Farma: Persiapan Sertifikasi Halal Vaksin MR Sudah Disiapkan Ilustrasi jarum suntik. Foto: thinkstock
Jakarta - Ketua Komisi Fatwa MUI Hasanuddin menegaskan bahwa belum ada fatwa halal untuk vaksin measles rubella (MR). Corporate Secretary PT Bio Farma Bambang Heriyanto menyatakan, pihaknya telah mempersiapkan syarat sertifikasi halal itu.

"Persiapan yang sudah dilakukan oleh Bio Farma untuk sertifikasi vaksin MR. Secara internal, kami terus berkomunikasi dengan pihak partner dari India untuk menjembatani terkait proses sertifikasi tersebut," ujar Bambang saat dimintai konfirmasi detikcom, Kamis (12/10/2017).



Bambang mengatakan Vaksin MR yang digunakan saat ini belum diproduksi di dalam negeri. Pengadaan vaksin ini bersinergi dengan partner Bio Farma di India.

"Mengenai sertifikasi, kami telah menginformasikan soal sertifikasi halal kepada produsen vaksin partner kami tersebut," imbuh Bambang.



Sebelumnya MUI bahkan menyebut jika ada yang mengatakan vaksin MR sudah halal adalah bohong. Tetapi pihak MUI tersebut juga tak menyatakan bahwa vaksin MR haram.

"Partner kami saat ini sedang mempelajari skema sertifikasi halal tersebut serta semua data-data kelengkapannya yang sudah kami sampaikan," kata Bambang.


(bag/dhn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed