DetikNews
Kamis 12 Oktober 2017, 19:06 WIB

Polri: Artis Digaet First Travel Hanya untuk Promosi

Mochammad Zhacky - detikNews
Polri: Artis Digaet First Travel Hanya untuk Promosi Bos First Travel: Andika Surachman, Anniesa Hasibuan, Kiki Hasibuan di tahanan/Foto: Dok. Istimewa
Jakarta - Sejumlah artis seperti Syahrini dan Vicky Shu diperiksa Bareskrim Polri sebagai saksi kasus dugaan penipuan perjalanan umrah First Travel. Dari penyidikan sementara, keduanya tidak berkaitan dengan perkara.

"Untuk artis, (analisa) sementara hanya digunakan untuk promosi perusahaanya saja dan ada surat kesepakatan atau perjanjian," kata Kabag Penerangan Umum (Penum) Divisi Humas Polri Kombes Martinus Sitompul, Kamis (12/10/2017).

Menurut Martinus, belum ada jadwal pemeriksaan untuk artis lainnya. Penyidik masih fokus menelusuri aset-aset milik bos First Travel Andika Surachman dan Anniesa Desvitasari Hasibuan yang diduga disamarkan atau berpindah tangan.

"Untuk Ria Irawan belum akan diperiksa, karena masih datakan (mendata) barang bukti. Aset yang berpindah tangan masih ditelusuri," ujar Martinus.

Sebelumnya, Kanit I Subdit V Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri AKBP Bambang Wijanarko menjelaskan First Travel melakukan perjanjian kerja sama dengan Syahrini. Syahrini wajib mem-posting foto dan video selama umrah.

Imbalannya, First Travel memberikan Syahrini paket umrah VIP senilai Rp 1,3 miliar. Namun tidak ada rincian pengeluaran biaya tersebut dari First Travel.

"First Travel dalam perjanjian itu memberikan kepada Syahrini paket umrah VIP untuk sebagian rombongan Syahrini senilai Rp 1,3 miliar. Tapi tidak dijelaskan bagaimana perhitungannya sampai bisa ditafsirkan oleh First Travel perjanjian tersebut hingga senilai Rp 1,3 miliar," ujar Bambang, Rabu (11/10).
(fdn/fdn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed