DetikNews
Kamis 12 Oktober 2017, 18:38 WIB

Jokowi Minta Biaya Tol Palindra Digratiskan hingga Akhir 2017

Ray Jordan - detikNews
Jokowi Minta Biaya Tol Palindra Digratiskan hingga Akhir 2017 Jokowi meresmikan Jalan Tol Palindra. (Jordan/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Palembang-Indralaya (Palindra) Seksi 1 Palembang-Pamulutan. Jokowi meminta biaya masuk jalan tol ini digratiskan sementara hingga akhir 2017.

Jokowi mengaku senang atas pembangunan jalan tol ini. Pasalnya, jalan tol ini berhasil dibangun di atas medan yang sulit.

"Saya melihat Tol Palembang-Indralaya ini medannya sangat berat sekali. Di sini ada rawa-rawa, perlu konstruksi khusus. Saya juga lihat waktu proses penyedotan airnya, berat," kata Jokowi di Gerbang Tol Palindra, Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (12/10/207).

Selain itu, lanjut Jokowi, ini merupakan jalan tol pertama di Sumatera Selatan. "Saya sangat senang sekali karena ini adalah jalan tol yang pertama yang ada di Sumatera Selatan," katanya.

Untuk itu, Jokowi ingin biaya masuk Jalan Tol Palindra digratiskan sementara waktu. Dia bahkan menanyakan langsung kepada pihak pengelola terkait permintaannya ini.

"Saya minta, jalan tol ini kan bayar, saya minta supaya ini dilihat dan dinikmati oleh masyarakat di awal-awal ini sampai akhir tahun, tolong jangan dipungut dulu. Cuma dua bulan," kata Jokowi.

"Pemiliknya bisa ndak? Jangan siap, siap saja, benar lho ini," tambah Jokowi.

Sementara itu, Jokowi mengatakan dirinya memang sengaja datang dan meresmikan langsung jalan tol ini. Sebab, jika tidak didatangi, pengerjaannya akan lambat.

"Kenapa saya datang? Karena saya ingin beri semangat, motivasi. Karena saya dengar dua, tiga bulan lalu masih ada pembebasan tanah yang belum selesai. Terus pas saya mau datang ke sini, saya tanya Menteri BUMN, "Bagaimana persoalan tanahnya?' 'Sudah Pak.' Ini artinya, memang harus sering didatangi agar cepat selesai," jelas Jokowi.
(jor/nvl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed