DetikNews
Kamis 12 Oktober 2017, 16:54 WIB

Jokowi Diundang Presiden Bounnhang Kunjungan Resmi ke Laos

Danu Damarjati - detikNews
Jokowi Diundang Presiden Bounnhang Kunjungan Resmi ke Laos (Jokowi) menyambut kunjungan Perdana Menteri (PM) Laos, Thongloun Sisoulith (Jati-detikcom)
Jakarta - Presiden Republik Demokratik Rakyat Laos Bounnhang Vorachith, mengundang Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) untuk berkunjung secara resmi ke Laos. Diharapkan hubungan bilateral keduanya bisa lebih berguna secara nyata.

"Saya sudah menyampaikan undangan dari Presiden Laos kepada Yang Mulia Presiden Jokowi untuk dapat mengunjungi Laos dalam kunjungan resmi di waktu yang sesuai dengan jadwal Presiden," kata Perdana Menteri Laos, Thongloun Sisoulith, di Istana Bogor, Jawa Barat, Kamis (12/10/2017).



Laos adalah negara anggota ASEAN, juga merupakan satu dari segelintir negara di dunia yang berideologi komunisme. Kepala Pemerintahannya adalah perdana menteri dan Kepala negaranya adalah presiden. Perdana menteri ditunjuk oleh presiden dan disetujui parlemen. Negara yang di peta kelihatan 'terjepit' Vietnam dan Thailand ini tak punya kawasan lautan, alias negara 'land locked'.

Hari ini, Perdana Menteri Laos Thongloun mengunjungi Jokowi di Istana Bogor, membawa sejumlah menteri dan pebisnis, membuat nota kesepahaman di bidang penegakan hukum hingga pendidikan, kerja sama ekonomi dijajaki. Bila Jokowi berkunjung secara resmi ke Laos pada waktu mendatang, maka diharapkan akan muncul manfaat yang lebih nyata.

"Saya kira kunjungan dari dua negara didasarkan pada keberhasilan selama ini akan mampu membawa manfaat yang lebih nyata lagi kepada masyarakat kedua negara," tutur Thongloun.

Thongloun telah disambut Jokowi dengan hangat, dijamu dengan makanan khas Indonesia yakni karedok. Dia merasa nyaman berkunjung di sini. "Merasa di rumah dengan sambutan Bapak (Jokowi) yang sangat hangat," kata dia.

Dia yakin kedua negara bisa terus memperkuat kerja sama bidang keamanan, perdagangan, perekonomian, dan investasi. Dalam tataran ASEAN, Laos menyatakan akan terus berusaha berkontribusi.

"Saya yakin kunjungan ini akan mendorong kerja sama di kedua belah pihak di bidang perdagangan dan investasi, yang akan meningkatkan investasi dan perdagangan kedua negara," kata dia.
(dnu/rvk)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed