DetikNews
Kamis 12 Oktober 2017, 16:15 WIB

Luhut Cabut Moratorium Reklamasi, Fadli Zon: Mencuri di Tikungan!

Hary Lukita Wardani - detikNews
Luhut Cabut Moratorium Reklamasi, Fadli Zon: Mencuri di Tikungan! Fadli Zon (Foto: Hary Lukita Wardani/detikcom)
Jakarta - Menko Kemaritiman Luhut B Pandjaitan mencabut moratorium pembangunan 17 pulau reklamasi di Teluk Jakarta. Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon menganggap itu seperti mencuri di tikungan.

"Mestinya jangan mencuri di tikungan. Ini kan seperti mencuri di tikungan, tiba-tiba di injury time mengambil kebijakan strategis yang menganulir kebijakan sebelumnya sehingga tidak ada kepastian. Jadi kebijakan sesuai dengan kepentingan dan selera," ujar Fadli di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (12/10/2017).



Fadli mengatakan hal tersebut tidak menjamin bisa menyelesaikan masalah. Ia menyarankan seharusnya pemerintah bisa duduk bersama dengan gubernur baru untuk bahas reklamasi.

"Saya termasuk yang berpendapat ini harus dibicarakan dengan gubernur dan wakil gubernur terpilih yang sebentar lagi akan dilantik," ucapnya.

Ia juga menilai jika persoalan ini akan menjadi tantangan untuk gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta terpilih. Namun menurut Fadli, semua harus dikaji terlebih dahulu apakah domain pemerintah pusat atau pemprov.

"Ya menurut saya pasti akan menjadi tantangan. Tapi ini harus dikaji apakah ini domainnya pemerintah pusat atau domainya pemprov. Sebelum-sebelumnya itu domainnya siapa?," ucap Fadli.



Karena bagi Fadli kebijakan itu harus melekat kepada konstitusi dan lembaganya. "Kebijakan itu harus melekat pada konstitusi dan lembaganya," imbuhnya.

Seperti diketahui, Menko Kemaritiman Luhut B Pandjaitan mencabut moratorium pembangunan 17 pulau reklamasi di Teluk Jakarta. Pencabutan moratorium hanya sepekan sebelum Gubernur DKI terpilih, Anies Baswedan dilantik.

"Saya sudah tanda tangani (pencabutan moratorium) pada hari Kamis karena semua ketentuan yang berlaku dari semua kementerian dan lembaga yang terlibat itu tidak ada masalah," kata Luhut di kantor Kemenko Kemaritiman, Senin (9/10).
(lkw/rvk)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed