DetikNews
Kamis 12 Oktober 2017, 14:45 WIB

Polisi Selidiki Unsur Kelalaian di Kasus Meninggalnya Bayi Debora

Aditya Fajar Indrawan - detikNews
Polisi Selidiki Unsur Kelalaian di Kasus Meninggalnya Bayi Debora Foto: Ombudsman gelar jumpa pers bersama pihak terkait dalam pembahasan kasus meninggalnya bayi Debora (Adit-detikcom)
FOKUS BERITA: Kisah Pilu Bayi Debora
Jakarta - Polda Metro Jaya belum menentukan tersangka atas meningalnya bayi Debora. Polisi masih menyelidiki ada tidaknya kelalaian yang terjadi di RS Mitra Keluarga Kalideres, Jakarta Barat.

"Karena pidana ini adalah person-nya yang bertanggung jawab melawan hukum bukan lembaga. Sehingga dalam kasus ini banyak alat bukti dan saksi ahli di bidang kesehatan, jadi kami belum menentukan tersangkanya," kata Kasubdit 3 Krimsus Polda Metro Jaya, AKBP Sutarmo di kantor Ombudsman, Jl Rasuna Said, Jakarta Selatan, Kamis (12/10/2017).


Sutarmo menjelaskan, pihak manajemen rumah sakit dan tenaga medis di RS Mitra Keluarga Kalideres telah dimintai keterangan. Sejumlah bukti dan saksi telah dianalisis untuk mengetahui ada tidaknya kelalaian yang mengakibatkan meninggalnya bayi Debora.

"Kita lihat nanti siapa yang menandatangani dan memberi perintah SOP itu sehingga kegiatan (kegawatdaruratan) terhenti dan terhalang syarat administratif penanganannya," jelas Sutarmo.


"Kami sedang dilakukan pemeriksaan kepada Dokter Irene dan stafnya yang melakukan penagihan kepada korban," lanjutnya.

Kendati penyidik belum menetapkan tersangka, Sutarmo menerangkan pasal yang akan dijatuhkan adalah pasal 190 ayat 1 dan 2 jo Pasal 32 ayat 2 UU Nomor 36 tentang Kesehatan. Jika ditemukan kelalaian dari kasus ini, pelaku dikenakan hukuman maksimal 10 tahun penjara.


"Ancaman hukumannya 10 tahun penjara. Ini kita lapis juga dengan pasal perlindungan anak," imbuh Sutarmo.

Sebagaimana diketahui, bayi Debora meninggal dunia diduga karena tidak mendapat penenganan tepat waktu di RS Mitra Keluarga, Kalideres, Jakarta Barat. Kasus ini sempat menjadi perhatian dari berbagai pihak.
(adf/jbr)
FOKUS BERITA: Kisah Pilu Bayi Debora
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed