DetikNews
Kamis 12 Oktober 2017, 14:37 WIB

Warga Kampung Akuarium Menanti Anies-Sandi Wujudkan Janji

Meilika Asanti - detikNews
Warga Kampung Akuarium Menanti Anies-Sandi Wujudkan Janji Foto: Kampung Akuarium (Noval D Antony/detikcom)
Jakarta - Pelantikan Gubernur dan Wagub DKI Anies Baswedan-Sandiaga Uno yang tinggal menghitung hari membawa angin segar bagi warga Kampung Akuarium, Jakarta Utara. Warga menunggu janji Anies-Sandi yang akan membangun kembali permukiman mereka yang digusur.

detikcom mengunjungi Kampung Akuarium di Penjaringan, Jakarta Utara, Kamis (12/10/2017). Beberapa rumah darurat masih terlihat berdiri di antara puing-puing bekas penggusuran.

Beberapa warga tampak terlihat beraktivitas di kawasan penggusuran. Salah seorang warga, Rini (62) berharap di kepemimpinan Anies-Sandi nantinya permukiman mereka yang dulu digusur dapat kembali.
Warga Kampung Akuarium Menanti Anies-Sandi Wujudkan JanjiFoto: Warga Kampung Akuarium Rini (62) (Meilika Asanti/detikcom)

"Keinginan cuma 1, kembalikan kampung kami. Karena tanpa kompensasi, tanpa pemberitahuan, hanya relokasi ke rusun. Kalau yang ngontrak (rusun) mau, tapi yang tinggal di sini tidak mau, banyak yang masih bertahan apa lagi nelayan," Kata Rini.

Warga yang masih tinggal di Kampung Akuarium enggan pindah ke rusun sesuai yang dianjurkan Pemprov DKI. Mereka memilih tetap tinggal dan menantikan realisasi kontrak politik dengan Anies-Sandi yang akan kembali membangun permukiman mereka.

"Nggak mau tinggal di rusun, kami sudah punya kontrak politik, sudah diterima. Habis Pak Anies dilantik insya Allah sekitar Desember atau Januari mau dibangun lagi," ujar Rini.

Selain itu Anies-Sandi juga berjanji akan menemui warga Kampung Akuarium sesaat setelah pelantikan gubernur. "Abis pelantikan katanya mau ke sini," imbuhnya.

Rini bersama 3 cucunya tinggal di bangunan di lahan yang dulu rumahnya berdiri. Kesehariannya dihabisi bersama cucunya di bangunan tersebut.

Rini mengingat dengan jelas pertemuannya dengan Sandiaga pada 7 Oktober lalu. Sandiaga datang dan sempat berbincang-bincang dengan warga.

"(Sandiaga) Ngobrol lesehan sama warga. Kata Pak Sandi ke saya, 'eh bu Rini apa kabar? sehat? Alhamdulillah ya tenang ya bu, sabar ya, sebentar lagi. ibu yang sehat ya," tutur Rini menirukan ucapan Sandiaga kepadanya.

Rini dan warga Kampung Akuarium lainnya kini lebih tenang. Angin segar akan pemukiman mereka yang akan kembali dibangun oleh Anies-Sandi akan segera terealisasi.

"Alhamdulillah lebih tenang. Sudah ada lampu hijau. Sudah 90 persen kan bisa kembali kesini. Mudah-mudahan insyallah. Harapan kami terwujud, sujud sukur saya kepada Yang Maha Kuasa," ucap Rini.
Warga Kampung Akuarium Menanti Anies-Sandi Wujudkan JanjiAnies saat blusukan di Kampung Akuarium saat kampanye Pilgub DKI (Foto: Tim Anies-Sandi Media Center)

Saat masa kampanye Pilgub DKI Anies-Sandi beberapa kali menyapa warga di Kampung Akuarium. Pasangan nomor urut 3 itu menilai ada ketidakadilan yang dialami warga Kampung Akuarium.

"Kami mendengar harapan warga, mereka ingin jadi bagian dari pembangunan dengan pemerintah," ujar Sandiaga di sela-sela kunjungannya di Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara,pada Sabtu 7 Januari 2017.

Menurut Sandiaga, ia dan pasangannya di Pilgub DKI, Anies Baswedan, akan menjadikan Kampung Akuarium sebagai kampung wisata bahari dan mendukung ekonomi kerakyatan. Kampung tersebut nantinya dapat dijadikan sumber penghasilan warga.

"Sekarang lebih baik kita resapi dulu rasa ketidakadilan. Rasa kepercayaan itu kita hadirkan pelan-pelan. Mereka sekarang tidak percaya sama siapa pun," jelas Sandiaga.
(nvl/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed