DetikNews
Kamis 12 Oktober 2017, 13:25 WIB

Di DPR, Kapolri Jelaskan Progres Aneka Laporan Dirdik KPK

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Di DPR, Kapolri Jelaskan Progres Aneka Laporan Dirdik KPK Kapolri Raker dengan Komisi III DPR (Foto: Lamhot Aritonang)
Jakarta - Kapolri Jenderal Tito Karnavian menjelaskan laporan dari Direktur Penyidikan (Dirdik) KPK Aris Budiman di Polda Metro Jaya saat rapat kerja (raker) dengan Komisi III DPR. Tito menjelaskan, Aris melaporkan peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) Donal Fariz.

"Soal Brigjen Aris Budiman, yang dilaporkan namanya Donal Fariz. Ada juga laporan kepada majalah Tempo dan Inilah.com yang dianggap tendensius ke yang bersangkutan," ujar Tito di gedung DPR, Jakarta, Kamis (12/10/2017).

Tito menuturkan, kasus dengan terlapor Donal sudah masuk tahap penyidikan. Beberapa saksi, seperti Pemred KompasTV Rosianna Silalahi dan presenter KompasTV Aiman Witjaksono juga sudah diperiksa sebagai saksi.


Ada hal-hal lain yang dilaporkan Aris Budiman selain pelaporan Donal Fariz. Pelaporan itu menyangkut media massa cetak dan online.

"Kasus ini ada 4 dalam proses sidik. Tempo proses lidik. 4 sidik ini sudah banyak dilakukan pemeriksaan ahli dan sebagian besar saksi ahli," jelas Tito.

Khusus untuk Majalah Tempo, kasus ini masih tahap penyelidikan. Majalah Tempo dolaporkan Ikatan Sarjana Polisi.

"Khusus Tempo masih lidik, belum sidik. Tempo dilaporkan ikatan sarjana polisi kemungkinan (mengenai) pelanggaran kode etik jurnalistik ke dewan pers dan sedang berlangsung," imbuh Tito.
(dkp/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed