Hari Hak Asasi Manusia
Kamis 12 Oktober 2017, 12:48 WIB

Jokowi dan PM Laos Teken Kerja Sama soal Pendidikan dan Narkoba

Danu Damarjati - detikNews
Jokowi dan PM Laos Teken Kerja Sama soal Pendidikan dan Narkoba Penandatanganan MoU antara pemerintah Indonesia dengan Laos (Foto: Danu Damarjati/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri (PM) Laos Thongloun Sisoulith. Ada 3 kerja sama yang disepakati dan ditandatangani dalam pertemuan ini.

Pertemuan digelar di Istana Bogor, Jawa Barat, Kamis (12/10/2017). Hadir pula para menteri dari kedua negara.

Kedua pihak melalui para menteri menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU), disaksikan langsung oleh Jokowi dan Thongloun. Tiga MoU itu adalah:

1. Kerja sama pendidikan diteken oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy dan menteri dari Laos.
2. Kerja sama pendidikan tinggi diteken oleh Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir dan menteri dari Laos.
3. Kerja sama pemberantasan penyalahgunaan narkoba diteken oleh Kepala BNN Budi Waseso dan pejabat Laos.

Sebelumnya, Jokowi menyatakan Indonesia dan Laos sepakat untuk mencari solusi terbaik atas permasalahan etnis Rohingya di Rakhine Myanmar. Pertemuan ini juga menandai 60 tahun kerja sama bilateral kedua negara.

"Dalam pertemuan tadi kita telah membahas isu ASEAN dan kawasan, dan kita telah sepakat membantu penyelesaian permasalahan di Rakhine State, Myanmar. Saya yakin pertemuan ini akan makin mempererat hubungan kedua negara," kata Jokowi.
(dnu/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed