DetikNews
Kamis 12 Oktober 2017, 11:59 WIB

Junimart Kritik Polisi Soal OTT Wali Kota Batu: Seperti Bawa Teroris

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Junimart Kritik Polisi Soal OTT Wali Kota Batu: Seperti Bawa Teroris Wali Kota Batu Eddy Rumpoko (tengah) dengan penjagaan anggota Satbrimobda Jatim keluar dari ruang Subdit III Tipidkor Ditreskrimsus Polda Jawa Timur, Sabtu (16/9). Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Jakarta - Komisi III DPR memutar video OTT Wali Kota Batu nonaktif Eddy Rumpoko. Dalam video itu, politikus PDIP mengkritik cara polisi menggiring Eddy Rumpoko.

Video itu diputar di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (12/10/2017). Politikus PDIP yang mengkritik polisi ialah Junimart Girsang.

"Kalau pengamanan untuk OTT kami mencermati, cermatannya itu justru dari kepolisian yang sangat overacting. Mereka seperti membawa teroris. Anggota kepolisian yang mendorong Walkot Batu ke bus sementara masih ingin sampaikan ke pers. Ada apa sebenarnya?" kritik Junimart.


Junimart tak terima Eddy Rumpoko diperlakukan seperti itu. Dalam video, polisi yang mengamankan Eddy terlihat seperti Densus 88 Antiteroris.

"Kami ingin Pak Kapolri menindak, overacting. Kok dia mengamankan malah tidak mengamankan, memicu emosi orang-orang, kasian tuh wali kota terlepas dia sedang mandi digedor-gedor, OTT katanya, Pak. Dia sedang bicara ke pers didorong dengan senjata lengkap," protes Junimart.

Junimart Girsang.Junimart Girsang. Foto: Ari Saputra

Sebelum video diputar, Kapolri Jenderal Tito Karnavian telah menjelaskan perihal sikap polisi yang berlebihan dalam mengamankan OTT KPK. Tito berjanji akan melakukan evaluasi.

"Jika intelijen prediksi tak ada perlawanan berarti, menyangkut kepala daerah, saya pikir kepolisian tak perlu eksesif menunjukkan di depan publik Polri arogan. Kami akan beri arahan. Ini tergantung perkiraan akan terjadi ancaman sehingga penampilan Polri disesuaikan potensi ancaman itu," ucap Tito.
(gbr/tor)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed