DetikNews
Kamis 12 Oktober 2017, 11:53 WIB

DKI Kekurangan PNS, MenPAN-RB: Nanti Dibuka Pendaftaran Nasional

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
DKI Kekurangan PNS, MenPAN-RB: Nanti Dibuka Pendaftaran Nasional Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Asman Abnur (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Pemprov DKI kekurangan ribuan PNS, termasuk untuk mengisi kekosongan di posisi penting. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Asman Abnur mengatakan akan segera membuka kembali pendaftaran CPNS secara nasional.

"Ini nanti akan secara nasional ya, tidak hanya parsial," kata Asman di Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (12/10/2017).

Asman enggan mengungkapkan kapan pendaftaran CPNS kembali dibuka. Ia mengatakan saat ini sedang melakukan finalisasi terkait hal tersebut.

"(Dibuka) secepatnya, kita finalisasi nanti kita umumkan," tuturnya.

Disinggung mengenai permintaan diskresi bagi DKI Jakarta, Asman mengatakan hal tersebut belum dapat dilakukan. "Belum (bisa)," sebutnya.

Sebelumnya, Pemprov DKI akan merestrukturisasi organisasi untuk mengatasi kekurangan PNS. Saat ini Pemprov DKI masih kekurangan di beberapa posisi penting, seperti staf untuk kepala seksi di satuan kerja perangkat daerah (SKPD).

"(SKPD) itu kita juga masih kekurangan. Idealnya kepala seksi itu punya 3 atau 4 staf. Ini kepala seksi kita ada yang nggak punya staf," kata Sekda DKI Saefullah di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (12/10).

Saefullah menyebut Jakarta kekurangan tenaga guru dan kesehatan. Saefullah mengatakan banyak PNS Jakarta yang akan pensiun pada tahun ini.

"Tahun ini ada ledakan pensiun. Ledakan itu maksud saya lihat, menyentuh 4.000, 3.000, 2.000. Dulu sekali terima 5.000, pensiunnya pasti dekat-dekat itu, terutama guru dan tenaga kesehatan," kata Saefullah di Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (25/9).

Saefullah mengatakan belum dapat merekrut pegawai negeri sipil (PNS) untuk kuota guru dan tenaga kesehatan. Ia mengaku Pemprov DKI telah mengajukan hal tersebut kepada KemenPAN-RB.

"DKI dalam menerima pegawai itu harus dapat kuota dulu dari kementerian aparatur sipil negara. Dan kuota itu juga didapat di BKN (Badan Kepegawaian Negara)," ungkapnya.
(fdu/nvl)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed