DetikNews
Kamis 12 Oktober 2017, 11:15 WIB

Cerita Penjahit Legendaris yang Buatkan Pakaian Dinas Anies

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Cerita Penjahit Legendaris yang Buatkan Pakaian Dinas Anies Penjahit legendaris Thio Ahmad Hendra yang telah membuat pakaian dinas gubernur-wakil gubernur DKI Jakarta sejak 1977 (Foto: Samsudhuha Wildansyah/detikcom)
FOKUS BERITA: Pelantikan Anies-Sandi
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan dibuatkan pakaian dinas oleh penjahit legendaris Thio Ahmad Hendra. Penjahit itu sudah menjadi langganan Pemprov DKI Jakarta sejak zaman Gubernur DKI Jakarta periode 1977-1982 Tjokropranolo.

"Saya bukan pertama jadi penjahit baju gubernur, mungkin pertama kali ini saya jahit pakaian gubernurnya Pak Anies," kata Thio di satu posko pemenangannya di Jalan Tirtayasa II No 12, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (12/10/2017).


Thio yang kini berusia 64 tahun itu mengaku kerap menjahitkan pakaian dinas wakil gubernur DKI dari masa ke masa. Namun, Thio sudah lupa siapa saja wakil gubernur yang dimaksudnya.

"Saya dulu mungkin pernah jahitkan wakil-wakil gubernur tapi saya lupa siapa-siapa namanya, itu sudah puluhan tahun yang lalu. Khususnya saya terima pakaian dinas pegawai Pemda Pemprov DKI sejak tahun 1977," kata Thio.

Untuk pembuatakan pakaian dinas Anies, Thio mengaku mendapat permintaan dari Pemprov DKI. Dia membutuhkan waktu sekitar sebulan untuk mendapatkan hasil terbaik.


Thio mengaku senang kembali mendapatkan kepercayaan untuk membuat pakaian dinas untuk Gubernur DKI Jakarta. Dia mengaku tidak ada perlakuan khusus dalam membuat pakaian dinas itu.

"Saya pikir sama saja. Cuma ini sudah lama saya nggak kerjakan ini ya, kayaknya senang sekali bisa dipercayakan lagi ke saya," tuturnya.


Thio mengatakan, untuk jasa pembuatan baju ini, dia memberikan tarif sebesar Rp 3 juta. Untuk bahan baju, dia mendapatkan dari Pemprov DKI Jakarta.

Kali ini, selain PDU (pakaian dinas upacara), Thio juga diminta untuk membuatkan pakaian dinas harian (PDH) berwarna cokelat sebanyak dua setel dan satu setel PDH berwarna putih.
(jbr/dha)
FOKUS BERITA: Pelantikan Anies-Sandi
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed