DetikNews
Kamis 12 Oktober 2017, 10:57 WIB

Kasus e-KTP, KPK Kembali Periksa Kakak Andi Narogong

Nur Indah Fatmawati - detikNews
Kasus e-KTP, KPK Kembali Periksa Kakak Andi Narogong Gedung KPK (Rachman Haryanto/detikcom)
Jakarta - Kakak Andi Agustinus alias Andi Narogong, Dedi Priyono, dipanggil penyidik KPK untuk menjadi saksi dalam kasus e-KTP. Dia akan diperiksa untuk melengkapi berkas penyidikan tersangka Direktur Utama PT Quadra Solution Anang Sugiana Sudihardjo.

"Dedi Priyono dipanggil untuk diminta keterangan atas tersangka ASS (Anang Sugiana Sudihardjo)," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Kamis (12/10/2017).

Dedi tampak sudah berada di ruang tunggu KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, pukul 09.47 WIB. Lelaki berkacamata ini mengenakan kemeja batik marun dan duduk seorang diri tanpa berinteraksi dengan siapa pun.

Dalam sidang e-KTP, 10 April, Dedi mengungkap pertemuan di rumah Andi di Kemang Pratama, Bekasi, yang diikuti sejumlah perusahaan dalam konsorsium peserta lelang proyek e-KTP. Dugaannya, perwakilan konsorsium datang ke rumah Andi terkait permintaan bagi-bagi pekerjaan.

Dedi juga mengaku pernah diutus Andi bertemu dengan Direktur Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) Ditjen Dukcapil Sugiharto untuk membicarakan keinginan Andi ikut proyek e-KTP.

Selain Dedi, KPK memanggil Direktur PT Noah Arkindo, Frans Hartono Arief, sebagai saksi. PT Noah Arkindo merupakan salah satu perusahaan distributor pembaca e-KTP dari sub PT LEN Industri. PT LEN Industri sendiri merupakan anggota Konsorsium PNRI, pemenang lelang proyek e-KTP. Sementara itu, 7 rekening PT Noah juga diblokir KPK karena diduga terkait proyek e-KTP.

Dalam sidang e-KTP terdakwa Irman dan Sugiharto dengan saksi ahli dari UI disebutkan PT Noah Arkindo memiliki password untuk mengakses database pemindaian identitas. Padahal seharusnya petugas berwenang saja yang bisa menggunakan password itu. Ini berpotensi data kependudukan bisa saja bocor ke pihak luar.
(nif/dhn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed