DetikNews
Kamis 12 Oktober 2017, 05:55 WIB

Komisi III akan Minta Klarifikasi Kapolri Soal Kasus Polisi di Blora

Aditya Mardiastuti - detikNews
Komisi III akan Minta Klarifikasi Kapolri Soal Kasus Polisi di Blora Wakil Ketua Komisi III DPR Desmond J Mahesa (Foto: Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Hari ini Komisi III DPR akan rapat dengan Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Wakil Ketua Komisi III Desmond J Mahesa mengatakan akan minta klarifikasi Kapolri terkait insden penembakan dan bunuh diri personel Brimob di Blora, Jawa Tengah.

"Besok (hari ini,-red) komisi III akan rapat dengan Kapolri pukul 10.00 WIB sampai selesai. Saya akan sampaikan keinginan masyarakat ini," kata Desmond saat berbincang via telepon, Rabu (12/10/2017).

Desmond mengatakan ada beberapa poin yang akan ditanyakannya ke Tito soal insiden yang dilakukan oleh anggota polri tersebut. Di antaranya soal kedisiplinan anggota hingga stres anggota polri.

"Pertama tentang kedisiplinan anggota, kedua pengawasan internal tentang senjata, ketiga adalah nilai stres anggota polri itu kenapa," jelasnya.

Apalagi dalam dua hari ini, ada dua kasus polisi yang bunuh diri yaitu di Blora dan Banyuasin. Desmond menegaskan ada pembinaan yang perlu dievaluasi dari kejadian ini.

"Ini yang jadi soal, berarti ada pembinaan di kepolisian yang tidak beres, pengawasan yang tidak beres," tegasnya.



Desmond kemudian menyinggung pegawasan personel polri yang dilakukan Irwasum dan Propam. Menurutnya butuh ketegasan pimpinan untuk mengawasi anggota yang membawa senjata.

"Dalam konteks pengawasan Irwasum dan Propam ini kan perannya di situ, nilai pengawasan polri penggunaan senjata itu adalah poin yang penting. Catatan inilah yang sebenarnya dua peristiwa penting yang terjadi 3 hari terakhir ini. Ketegasan pimpinan polri," ujarnya.



Desmond kemudian menyinggung soal Tito yang dinilainya lebih sering berpolitik. Dia merasa hal itulah yang membuat polisi tidak tegas melakukan pengawasn dan pembinaan internal.

"Kecenderungan pimpinan polri sekarang main-main politik-politik. Polisi hari ini kayak politik, abai melakukan pembinaan internal," cetusnya.


(ams/ams)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed