Hari Hak Asasi Manusia
Rabu 11 Oktober 2017, 20:44 WIB

Ketua MPR Ajak Anak Muda Jabar Peduli Politik

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Ketua MPR Ajak Anak Muda Jabar Peduli Politik Ketua MPR Zulkifli Hasan berbicara di depan mahasiswa di Bandung. (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta - Ketua MPR Zulkifli Hasan meminta anak muda peduli terhadap dinamika politik. Menurutnya, demokrasi Pancasila harusnya melahirkan kesejahteraan dan keadilan bagi masyarakat Indonesia.

"Tapi kenyataannya, selama 19 tahun Reformasi justru melahirkan kesenjangan dan (masyarakat) saling menista. Bahkan dalam dua minggu, enam kepala daerah terjerat OTT KPK," ujar Zulkifli di depan mahasiswa Universitas Pasundan, Bandung, Jawa Barat, seperti tertulis dalam keterangannya, Rabu (11/10/2017).
Ketua MPR Ajak Anak Muda Jabar Peduli PolitikKetua MPR Zulkifli Hasan berbicara di depan mahasiswa di Bandung. (Foto: dok. Istimewa)

Zulkifli menyoroti kesenjangan dan intoleransi yang banyak terjadi di masyarakat akhir-akhir ini. Kehadiran anak muda, khususnya mahasiswa, yang paham dan mampu mengamalkan Pancasila diperlukan untuk memberi pemahaman kepada masyarakat.

"Selama ini mahasiswa berperan penting dalam perubahan, pada 1908, 1928, 1945, dan 1998. Sejarah sudah membuktikan peran menentukan gerakan anak muda," katanya.

Menurutnya, peran mahasiswa diperlukan untuk memberikan pendidikan politik kepada masyarakat. Hal ini perlu dilakukan untuk mencegah politik uang yang kerap terjadi saat pemilihan umum.

"Mahasiswa harus terjun ke masyarakat, berikan edukasi dan bicara dari hati ke hati untuk menolak politik uang. Jangan pilih yang bayar, tapi pilih yang jujur," jelas Ketum PAN ini.

"Janganlah berutang budi karena ada orang yang kasih sembako. Memilih sebaiknya karena keyakinan yang Anda pilih itu bagus," tambah Zulkifli.
(nvl/nvl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed