DetikNews
Rabu 11 Oktober 2017, 18:46 WIB

Tifatul Sebut Pencabutan Moratorium Reklamasi Persulit Anies-Sandi

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Tifatul Sebut Pencabutan Moratorium Reklamasi Persulit Anies-Sandi Politikus PKS Tifatul Sembiring (Foto: dok. PKS)
Jakarta - Politikus PKS Tifatul Sembiring menyoroti pencabutan moratorium reklamasi Teluk Jakarta menjelang pelantikan Gubernur-Wakil Gubernur DKI terpilih Anies Baswedan-Sandiaga Uno. Tifatul menyebut kebijakan tersebut dapat membuat Anies-Sandi berada dalam posisi sulit.

"Tapi saya pikir begini juga, jangan di akhir-akhir ini semacam fait accompli terhadap gubernur baru sehingga gubernur baru istilahnya tergigit lidah menghadapi publik. Dulu ada janji, sedangkan kewenangan nggak mutlak di pemerintah DKI," ujar Tifatul di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (11/10/2017).

Tifatul enggan bicara panjang-lebar soal reklamasi, termasuk apakah Anies-Sandi akan menolaknya atau tidak. Menurut Tifatul, pihaknya akan melihat lebih lanjut soal prosedur reklamasi.

"Kan kita salah satu, kita ada tim bersama tim Anies-Sandi. Ya nanti kita bicarakanlah di situ, kita bicarakan, kita dalami. Kita kan belum penyerahan, pelantikan juga belum," ucapnya.

Menurut pendapat pribadinya, pencabutan reklamasi Teluk Jakarta terkesan terburu-buru. Menurut Tifatul, masyarakat saat ini masih sangat sensitif terhadap isu ini.

Lebih lanjut, Tifatul mengatakan solusi dari beberapa permasalahan soal reklamasi belum tercapai. Tifatul memberi contoh.

"Masih ada tanda tanya besar belum terjawab, misalnya masalah amdal dan sebagainya. Belum terjawab masalah solusi untuk nelayan yang selama ini mencari nafkah di situ, bisakah itu mengantisipasi banjir nanti atau dari Jakarta pembuangannya yang pasti mengalami perlambatan mengalirnya air dari banjir, misalnya di Jakarta, oleh curah hujan," kritik dia.

"Yang gini-gini masih jadi tanda tanya besar di moratorium. Kalau menurut saya, ini kental perdebatan, masih di publik," tukasnya.
(gbr/nvl)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed