Lapor ke Jokowi, BPK Sebut Telah Selamatkan Duit Negara Rp 13,7 T

Danu Damarjati - detikNews
Selasa, 10 Okt 2017 10:45 WIB
Pimpinan BPK menghadap Presiden Joko Widodo (Danu Damarjati/detikcom)
Jakarta - Delapan pimpinan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menghadap Presiden Joko Widodo untuk menyerahkan hasil pemeriksaan pada paruh awal 2017. BPK menyebut telah menyelamatkan triliunan rupiah duit negara.

Pertemuan antara BPK dan Jokowi digelar di Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (10/10/2017). Ketua BPK Moermahadi Soerja Djanegara dan Wakil Ketua BPK Bahrullah Akbar turut hadir.

Adapun Jokowi didampingi Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Terlihat Jokowi diserahi Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Semester (IHPS) I Tahun 2017. Selanjutnya, pertemuan berlangsung tertutup.

Biro Humas dan Kerja Sama Internasional BPK merilis Ketua BPK Moermahadi menjelaskan kepada Jokowi bahwa pihaknya telah berhasil menyelamatkan keuangan negara senilai Rp 13,70 triliun pada semester I 2017. Jumlah itu berasal dari penyerahan aset/penyetoran ke kas negara, koreksi subsidi, dan koreksi cost recovery.

Baca juga: BPK Temukan 7.549 Masalah Pengelolaan Uang Negara Senilai Rp 25 T

Ada pula peningkatan pencapaian opini wajar tanpa pengecualian (WTP) sebesar 70 persen dibanding pada 2016. Ini terlihat pada Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD). Pencapaian ini melampaui target kinerja keuangan daerah yang dipatok dalam RPJMN 2015-2019.

Sekitar 91 persen dari target 85 persen pemerintah provinsi diganjar WTP. Pemerintah kabupaten sejumlah 66 persen dari target 60 persen. Pemerintah kota sejumlah 77 persen dari target 65 persen. (dnu/idh)