DetikNews
Senin 09 Oktober 2017, 14:48 WIB

Menag Tunggu Masukan untuk Evaluasi Penyelenggaraan Haji 2017

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Menag Tunggu Masukan untuk Evaluasi Penyelenggaraan Haji 2017 Foto: Ari Saputra
Jakarta - Kementerian Agama akan melakukan evaluasi terhadap penyelenggaraan haji 2017 yang baru saja usai. Evaluasi juga akan menunggu masukkan dari maskapai yang memberangkatkan jemaah haji.

"Kami dari Kementerian Agama menunggu apa saja yang menjadi masukan dari Garuda terkait hal-hal yang baik. Kami perlu mendapat hal-hal yang baik itu seperti apa agar kami bisa mempertahankan. Dan yang kedua apa kritik-kritik terkait misalnya ontime performance, lalu sistem jemaah," kata Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin usai menghadiri syukuran penyelenggaraan haji di GMF Aeroasia, Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Senin (9/10/2017).

Lukman mengatakan, penyelenggaraan haji tahun ini sudah baik. Hal itu dibuktikan dengan meningkatnya ontime performance (OTP) pemberangkatan dan pemulangan jemaah haji.

"Saya pikir, alhamdulillah tahun ini sudah baik meskipun awalnya kami risau juga karena bertambahnya jumlah jamaah kita. Tapi alhamdulillah dari sisi OTP justru meningkat," ujarnya.

Dia menambahkan, Kemenag sudah punya catatan terkait penyelenggaraan haji tahun ini. Namun Lukman belum mau menjelaskan secara rinci.

"Ada beberapa catatan. Tentu secara keseluruhan kita evaluasi," katanya.
(abw/jor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed