DetikNews
Senin 09 Oktober 2017, 06:34 WIB

Di Belgia, JK Bicara soal Macet Jakarta

Rina Atriana - detikNews
Di Belgia, JK Bicara soal Macet Jakarta Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) saat mengunjungi Belgia dan bertemu dengan perwakilan WNI (Foto: Rina Atriana/detikcom)
Brussel -
Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla (JK) bertemu dengan para WNI di Brussel, Belgia. Dalam sambutannya JK bicara sejumlah hal, salah satunya mengenai macet Jakarta.

Pertemuan digelar di Wisma KBRI, Zaventem, Brussel, Minggu (8/10/2017) malam waktu setempat. JK melempar komentar soal macet Jakarta yang disebutnya sebagai tanda Indonesia adalah negara maju.

"Kita sebenarnya kalau orang datang ke Jakarta kadang orang pikirannya macet. Macet itu sebenarnya suatu kemajuan," ujar JK.


"Karena tak ada negara miskin yang macet, yang macet selalu negara maju. Setidaknya menuju ke kemajuan. Karena negara yang rakyatnya bisa beli mobil menyebabkan kemacetan kan," imbuhnya.

Menurut JK, persoalan saat ini adalah bagaimana memperbaiki angkutan umum. Ia menyebut dibutuhkan tekno investasi untuk memperbaikinya.

"Kita punya potensi besar yaitu jumlah penduduk yang masih muda muda," ujar JK.


JK juga sempat menyinggung soal daerah-daerah yang dulu lumbung padi dan sekarang telah berubah jadi area perumahan atau industri. Ia menyarankan agar ada teknologi untuk meningkatkan produktivitas padi di saat lahan untuk penanamannya terus berkurang.

"Kemarin contohnya saya terbang ke beberapa daerah dengan heli. Saya lihat ke bawah dulu sawah semua, sekarang menjadi rumah, pabrik. Artinya dibutuhkan teknologi supaya bagaimana kita meningkatkan produktivitas padi kita sehingga kita tak impor beras sebagaimana tahun tahun sebelumnya," urai JK.

(rna/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed