DetikNews
Minggu 08 Oktober 2017, 11:53 WIB

Pergoki Ular Masuk Rumah? Jangan Panik, ini Cara Menghadapinya

Zunita Amalia Putri - detikNews
Pergoki Ular Masuk Rumah? Jangan Panik, ini Cara Menghadapinya Novriandry dan ular kesayangannya. Foto: Zunita Amalia Putri/detikcom
Jakarta - Ular seringkali menjadi momok bagi sebagian orang. Tak jarang, banyak yang panik kalau ada ular sampai masuk ke rumah.

"Ular itu sebenarnya takut sama manusia, jadi diam saja pun ular akan menghindar," kata Ketua komunitas De Bar, Novriandry, saat ditemui di kawasan Car Free Day (CFD) Bundaran HI, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (8/10/2017).

Komunitas De Bar beranggotakan para pecinta reptil. Novriandry sendiri memiliki ular molu sepanjang 1,2 meter.

Novriandry kemudian berbagi tips jika ada ular liar yang masuk ke rumah. Biasanya ular bisa saja masuk rumah yang berlokasi dekat sawah atau hutan.

"Pertama, ambil galah (tongkat panjang). Jangan untuk menggebuk, tapi mendorong ular itu," kata Novriandry.

Jika Anda cukup berani untuk menangkap, pastikan pegang erat leher dekat kepalanya. Novriandry menyarankan untuk memegang dengan kain bila Anda belum biasa menangkap ular. Tentu saja Anda disarankan menghubungi ahli yang biasa menangkap ular.

"Pegangnya harus pas, jangan sampai terlalu turun karena ular bisa menggigit," ungkap Novriandry.

Menurut dia, ular sebenarnya tidak akan menyerang manusia dengan sengaja. Ular pun biasanya akan menghindari 'bau' manusia.

"Seandainya berpapasan langsung, itu kita bisa menghindari ular. Sebenarnya ular itu juga menghindari jalan yang dilalui manusia," kata Novriandry.
(bag/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed