detikNews
Sabtu 07 Oktober 2017, 03:45 WIB

Laporan Dari Brunei Darussalam

Jokowi, Duterte hingga Suu Kyi Dijamu Makan Malam oleh Sultan Brunei

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Jokowi, Duterte hingga Suu Kyi Dijamu Makan Malam oleh Sultan Brunei Foto: Jokowi dijamu Sultan Brunei. (Dok Biro Pers Setpres).
Brunei Darussalam - Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah merayakan 50 tahun naik takhta. Dia mengundang sejumlah pemimpin negara untuk merayakan 50 tahun dirinya memimpin Brunei, termasuk Presiden RI Joko Widodo.

Presiden Jokowi beserta Ibu Negara Iriana menghadiri undangan tersebut pada Jumat (6/10/2017) malam. Jokowi dan Iriana terlebih dahulu transit di Istana Edinburgh yang disediakan oleh Sultan Hassanal Bolkiah. Hanya delegasi Indonesia saja yang tampak singgah di istana tersebut.

Sekitar pukul 20.25 waktu setempat, Jokowi dan Iriana tiba di Istana Nurul Iman tempat perayaan digelar. Jokowi mengenakan setelan jas hitam, sedangkan Iriana berkebaya merah dengan aksen khas Minangkabau.

Jokowi dan Iriana langsung menuju ruang tunggu yang telah disediakan. Di ruangan itu ada Presiden Filipina Rodrigo Duterte.

Jokowi, Duterte hingga Suu Kyi Dijamu Makan Malam oleh Sultan BruneiFoto: Presiden Jokowi bertemu Duterte. (Dok. Biro Pers Setpres).

Jokowi dan Duterte tampak akrab berbincang. Keduanya memang beberapa kali bertemu, bahkan Jokowi mengajak Duterte blusukan saat ke Indonesia.

Tepat pukul 21.00 waktu setempat, jamuan makan malam dimulai. Jokowi duduk di sebelah Sultan Hassanal Bolkiah saat perjamuan itu.

Jokowi, Duterte hingga Suu Kyi Dijamu Makan Malam oleh Sultan BruneiFoto: Jokowi dijamu Sultan Brunei. (Dok Biro Pers Setpres)

Ada pun tamu kehormatan lainnya yang hadir adalah Raja Yordania Abdullah II, Yang Dipertuan Agong Malaysia Sultan Muhammad V, Prince Edward dan Princess Sofia selaku wakil khusus Ratu Inggris, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, Perdana Menteri Malaysia Najib Razak, Perdana Menteri Kamboja Hun Sen, hingga State Counsellor Myanmar Aung San Suu Kyi. Jokowi didampingi pula oleh Menlu Retno Marsudi dan Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki.

Perjamuan makan malam selesai sekitar satu jam kemudian. Setelah itu Jokowi dan rombongan langsung menuju bandara untuk kembali ke Tanah Air. Sekitar pukul 01.00 WIB, Jokowi dan rombongan tiba di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta.
(bag/elz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed