DetikNews
Jumat 06 Oktober 2017, 11:01 WIB

Sama Seperti Jokowi, Gubernur Sumsel Jalan Kaki 5 Km ke HUT TNI

Niken Widya Yunita - detikNews
Sama Seperti Jokowi, Gubernur Sumsel Jalan Kaki 5 Km ke HUT TNI Gubernur Sumsel Alex Noerdin Jalan Kaki 5 Km ke HUT-72 TNI (Dok. Pemprov Sumsel)
Jakarta - Bukan hanya Presiden Jokowi, Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Alex Noerdin juga harus berjalan kaki untuk menembus kemacetan menuju lokasi upacara HUT ke-72 TNI. Bahkan Alex harus berjalan kaki 5 kilometer (km).

Dalam keterangan tertulis dari Pemprov Sumsel, Jumat (6/10/2017), Alex tetap semangat berjalan kaki ke lokasi upacara di Dermaga PT Indah Kiat, Cilegon, Banten, Kamis (5/10/2017). Alex berjalan kaki karena kemacetan akibat banyaknya orang yang memadati sekitar lokasi sehingga jalan dan lalu lintas jadi penuh sesak dan macet.

Masyarakat sekitar tertarik menyaksikan atraksi dan parade peringatan HUT ke-72 TNI. Pelopor 'Sekolah Gratis' tersebut mengatakan momentum peringatan HUT ke-72 TNI ini sudah semestinya dijadikan masyarakat Indonesia, terutama Sumsel, mendukung penuh tugas TNI dalam menjaga keutuhan NKRI.

Hal ini juga sesuai dengan tema yang diusung pada peringatan HUT Ke-72 TNI tahun 2017 yang berbunyi 'Bersama Rakyat TNI Kuat'.

"Tema itu bisa dimaknai bahwa menjaga kedaulatan NKRI bukan hanya tugas TNI, tapi juga seluruh masyarakat Indonesia, termasuk Sumsel. Ini harus kita dukung agar TNI bisa mengawal dan mengamankan kepentingan nasional menuju cita-cita bangsa yang berdaulat, adil, dan makmur," kata Alex.

Pada upacara itu, hadir juga Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, didampingi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Mulyono, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Ade Supandi, dan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. Mereka mendampingi Presiden Jokowi selaku Inspektur Upacara Peringatan HUT ke-72 TNI.

Dalam kesempatan itu, Jokowi berharap TNI menjadi angkatan bersenjata yang dapat disegani. Tak hanya di tingkat nasional, tapi juga di tingkat Asia.

"Dengan penuh rasa bangga, kita saksikan nantinya kehebatan angkatan bersenjata kita di hadapan kita semua. Dengan penuh optimis saya katakan TNI akan jadi angkatan bersenjata yang makin disegani oleh negara lain yang jadi kekuatan besar di regional Asia," kata Jokowi.

Sedangkan bertindak selaku komandan upacara adalah Letjen TNI Edy Rahmayadi, yang sehari-hari menjabat Pangkostrad. Kemudian pengucap Sapta Marga, yakni Perwira Tinggi Bintang Dua, yaitu Panglima Kodam Il/Sriwijaya Mayor Jenderal TNI A M Putranto.

Sebagai cadangan Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksamana Muda TNI Agung Prasetiawan serta Asisten Perencanaan dan Anggaran TNI Angkatan Udara Marsekal Muda TNI Fahru Zaini Isnanto. Perwakilan penerima Tanda Kehormatan Republik Indonesia adalah Danrem 084/Brawijaya Kolonel Kav Zulkifli, Kaurhumed Medtak Bidpenum Puspen TNI Kapten Mar Rudiyanto, dan Bintara Operator Komputer Spaban I/Ren Spersau Serma Boni Irmawan.

Acara ini juga dimeriahkan, antara lain, pasukan parade dan defile yang berjumlah 5.932 orang. Mereka ini terdiri dari brigade upacara I gabungan terdiri dari batalion upacara 1 perwira gabungan, yaitu 1 kompi upacara pamen, 2 kompi upacara parna, 1 batalion upacara wanita TNI, 1 kompi upacara kowad, 1 kompi upacara kowal, 1 kompi upacara wara. Lalu batalion upacara Pom TNI, 1 kompi upacara Pom TNI AD, 1 kompi upacara Pom TNI AL, dan 1 kompi upacara Pom TNI AU.

Jokowi berjalan kaki 2 km untuk menuju lokasi upacara HUT ke-72 TNI. Jokowi didampingi Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan istrinya.
(nwy/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed