DetikNews
Kamis 05 Oktober 2017, 16:27 WIB

Tak Ada Perceraian di Jakpus karena WhatsApp dan Medsos

Azzahra Nabilla - detikNews
Tak Ada Perceraian di Jakpus karena WhatsApp dan Medsos Aplikasi pesan instant (detikINET/Fino Yurio Kristo)
Jakarta - Sebanyak 894 pasangan di Jakarta Pusat bercerai sepanjang Januari-September 2017. Dari jumlah tersebut, tidak ada yang disebabkan WhatsApp atau media sosial layaknya di Kota Bekasi.

"Enggak tuh, di sini nggak ada yang begitu, nggak ada yang dari sosmed," kata Panitera Muda Hukum Pengadilan Agama Jakarta Pusat (PA Jakpus) Gunadi saat berbincang dengan detikcom di lantai 1 Gedung PA Jaksel, Jalan Rawasari Selatan, Kamis (5/10/2017) pukul 15.25 WIB.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 272 kasus perceraian karena adanya perselisihan dalam rumah tangga atau setara 30,5 persen. Penyebab lain yang mendominasi terjadinya perceraian adalah meninggalkan salah satu pihak. Total kasus perceraian dengan penyebab tersebut mencapai 269 perkara atau 30 persen.
Tak Ada Perceraian di Jakpus karena WhatsApp dan Medsos

Selanjutnya ekonomi menjadi faktor ke tiga terbanyak untuk perkara perceraian di PA Jakpus. Jumlah perkara cerai yang dilatarbelakangi masalah finansial ini mencapai 259 kasus atau 28 persen. Sedangkan penyebab lain dengan jumlah lebih sedikit yaitu KDRT, zina dan mabuk.

Perceraian paling tinggi terjadi di bulan Maret 2017. Selama bulan tersebut ada 161 kasus perceraian. 51 Di antaranya karena meninggalkan salah satu pihak. Di urutan kedua ada 49 kasus karena perselisihan dan urutan ke tiga ada 39 kasus karena ekonomi.

Kondisi ini berbeda dengan yang terjadi di Bekasi dan Jakarta Barat. Di Bekasi 80 persen dari total 2.231 kasus sepanjang 2017 atau setara dengan 1.862 kasus perceraian terjadi karena perselingkuhan yang berawal dari media sosial. Di Jakarta Barat pun terdapat 329 kasus gangguan pihak ketiga yang kebanyakan juga berawal dari media sosial.
(asp/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed