DetikNews
Kamis 05 Oktober 2017, 15:38 WIB

Kepala Bappenas: Indonesia Peringkat 2 Sanitasi Terburuk di Dunia

Faiq Hidayat - detikNews
Kepala Bappenas: Indonesia Peringkat 2 Sanitasi Terburuk di Dunia Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan Indonesia menempati peringkat ke-2 di dunia sebagai negara dengan sanitasi terburuk. Sebab, sebagian besar masyarakat melakukan BAB sembarangan di berbagai tempat.

"Akses sanitasi terendah Jakarta peringkat 2 di dunia. Mohon maaf, ini masalah BAB (buang air besar) agak sedikit jorok. BAB melakukan sembarangan, tapi ini Indonesia peringkat 2 di dunia penduduk yang masih buang air besar sembarangan setelah India," kata Bambang di kampus Universitas Indonesia, Depok, Kamis (5/10/2017).

Bambang mengaku heran terhadap penduduk Indonesia yang malah bersaing dengan India soal masalah BAB tersebut. Seharusnya, beberapa kota menciptakan sanitasi di berbagai daerah.

"Saya kira cuma India dan penduduknya jauh lebih besar, tapi kok kita bersaing dengan mereka soal BAB. Ini terjadi kenapa? tidak disediakan sanitasi di banyak kota," ujar Bambang.

Selain itu, Bambang menyatakan sejumlah sekolah dasar di Indonesia tidak dilengkapi fasilitas sanitasi. Jadi mereka yang akan melakukan BAB harus pulang ke rumah terlebih dahulu.

"Banyak SD di Indonesia tidak dilengkapi fasilitas sanitasi, kalau cowok bisa jongkok, kasihan mereka yang cewek jongkok harus pulang ke rumah. Jadi ini hak dasar Indonesia belum menjadi perhatian," ucap Bambang.
(fai/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed