DetikNews
Rabu 04 Oktober 2017, 17:36 WIB

Gubernur Bali akan Ikut Ibadah Purnama Kapat di Besakih Besok

Prins David Saut - detikNews
Gubernur Bali akan Ikut Ibadah Purnama Kapat di Besakih Besok Gubernur Bali Made Mangku Pastika (Ibnu/detikcom)
Karangasem - Gubernur Bali Made Mangku Pastika menyatakan akan mengikuti upacara Purnama Kapat di Pura Besakih, Karangasem. Ia memilih tempat tersebut karena posisinya sebagai pemimpin tertinggi di Provinsi Bali.

"Saya juga sembahyang di Besakih, Kamis (5/10) besok. Kalau sudah meletus, masak kita nekat ke situ, kita kan bukan orang sakti juga. Biasa saja," kata Pastika di Denpasar, Bali, Rabu (4/10/2017).

Ditambahkan Pastika, Menteri Pariwisata Yahya Arief juga akan mengunjungi Pura Besakih saat upacara Purnama Kapat. Walau begitu, Pastika meminta para pekerja media tidak ikut karena pura terbesar di Bali itu hanya berjarak sekitar 10 kilometer dari kawah Gunung Agung.

"Katanya beliau (Menteri Yahya) mau ke Besakih juga. Kalian jangan ikutlah, kalau gubernur itu kan harus datang dan di Bali namanya Penglingsir, ada tanggung jawab niskala (spiritual) dan skala (material) adat dan budaya kita," ujar Pastika.





Pastika menyatakan memilih sembahyang di Besakih karena ingin mendoakan masyarakat Bali agar tetap aman, selamat, dan sejahtera. Namun, sebelum berangkat, Pastika menginginkan adanya laporan dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) untuk kondisi terbaru Gunung Agung.

"Mudah-mudahan dengan tulus dan suci, pikiran yang baik, gubernur ikut ke sana mendoakan supaya rakyat kita tetap aman dan sejahtera. Jadi pagi-pagi saya pantau dulu dan mau nggak mau kita harus percaya sama hitung-hitungan orang-orang ilmiah (PVMBG) itu," ucap Pastika.
(vid/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed