Tak Kapok, Ini Deretan Ulah Pemotor Terobos Busway yang Bikin Heboh

Tak Kapok, Ini Deretan Ulah Pemotor Terobos Busway yang Bikin Heboh

Rina Atriana - detikNews
Rabu, 04 Okt 2017 16:59 WIB
Pemotor masuk busway (Foto: Hasan Alhabshy/detikcom)
Pemotor masuk busway (Foto: Hasan Alhabshy/detikcom)
Jakarta - Kenakalan pemotor di Jakarta macam-macam bentuknya. Salah satu yang cukup bikin geleng-geleng adalah masuk busway hingga 'gotong royong' mengeluarkan motor mereka jika ada petugas.

Berdasarkan data yang dikumpulkan, Rabu (4/10/2017), ada beberapa kejadian di mana pemotor coba 'menyelamatkan' kendaraan mereka dari tilang petugas baik dengan diangkat maupun dengan melawan arah.

Sebetulnya bisa saja setiap hari kejadian ini ada saja. Namun tak semua tertangkap kamera dan tersebar luar. Berikut beberapa yang sempat dilaporkan kepada detikcom?

18 Agustus 2016
Pemotor di Slipi, Jakarta Barat, coba melawan arah untuk menghindari petugas. Kala itu pembaca detikcom berbagi cerita dan foto bagaimana mereka seenaknya melanggar lalin namun malah membahayakan pengendara lain dengan melawan arah.


9 November 2016
Kejadian melanggar busway memakan korban. Bukan karena menyebabkan pihak lain terlibat kecelakaan lalin, tapi karena ditembak airsoft gun. Saat coba menghadang pemotor yang hendak mau masuk busway, petugas Dishubtrans Jaksel Andri Irwansyah justru malah ditembak.

Beruntungnya korban hanya mengalami luka ringan. Andri menderita luka di lengannya, ada bekas merah namun tak sampai mengalami luka serius. Kejadian ini telah dilaporkan ke pihak Kepolisian.


26 April 2017
Kali ini pelanggar busway itu kena getahnya. Bukan karena ada razia Polisi, namun karena bus Transjakarta di depan mereka mogok. Mau keluar jalur tetap susah karena pembatasnya tinggi.

Alhasil dengan 'kekuatan' saling bantu, mereka berhasil mengangkat motor mereka. Namun beberapa yang lain nekat lawan arah untuk mencapai jalan dengan pembatas yang tak tinggi.


4 September 2017
Sejumlah pemotor tampak menggotong motor mereka dari pembatas busway di wilayah Daan Mogot, Jakarta Barat. Mereka terlihat ketakutan dan mengira ada razia polisi.

Berdasarkan video yang viral di Instagram, ada sekitar 6 motor di belakang bus TransJakarta dan Feeder TransJ yang coba menyelamatkan diri. Pengendara terlihat panik dan kerja sama menggotong motor mereka agar keluar dari busway.


4 Oktober 2017
Terbaru adalah kejadian di kawasan Pasar Rumput, Jakarta Selatan. Banyak sekali motor di busway yang coba melawan arah karena melihat petugas ada di depan.

Namun, begitu melawan arah, 'sialnya' ada bus TransJ di belakang. Tentu tak ada pilihan lain selain mengangkut motor mereka keluar dengan diangkat melewati pembatas.

Jakarta memang macet di mana-mana. Namun, masuk busway bukanlah pilihan bijak. Selain menganggu jalur bus Transjakarta, juga dapat membahayakan pengendara itu sendiri dan orang lain.

(rna/imk)