DetikNews
Rabu 04 Oktober 2017, 12:56 WIB

Cerita Sigapnya Petugas SPBU di Kalimalang Padamkan Api

Anggi Ayu Reni Kuswoyo - detikNews
Cerita Sigapnya Petugas SPBU di Kalimalang Padamkan Api Dispenser di SPBU di Kalimalang terbakar pada pagi hari tadi (Foto: Dok. Sudin PKP Jakarta Timur)
Jakarta - Petugas SPBU di Kalimalang memadamkan api yang membakar dispenser sebuah mesin pengisian BBM. Tindakan ini akhirnya dapat mencegah terjadinya kebakaran yang lebih besar.

Hendro, penanggung jawab SPBU tersebut mengatakan pemadaman yang dilakukan tersebut menggunakan tiga buah tabung alat pemadam api ringan (APAR).

"Ada tiga gas racun yang dipakai untuk pemadaman, ketiganya dipakai. Ada satu mobil pemadam datang tapi api sudah padam," kata Hendro di lokasi, Jalan Raya Kalimalang, Duren Sawit, Jakarta Timur, Selasa (4/10/2017).

Garis polisi dipasang di dispenser SPBU di KalimalangGaris polisi dipasang di dispenser SPBU di Kalimalang (Foto: Anggi Ayu Reni Kuswoyo/detikcom)


Dia mengatakan, aksi sigap yang dilakukan oleh petugas SPBU karena tiap petugas sudah diberikan pelatihan pemadaman. Setelah terjadi kebakaran, aliran listrik dan alat pengisian BBM pun dimatikan.

"(Petugas) Setelah masuk sini, di Pertamina ada pelatihan pemadaman kalau terjadi musibah-musibah. Karena yang terbakar dispenser ketiga maka semuanya kami putus, safety-nya dari Pertamina seperti itu," ujar Hendro.

Peristiwa kebakaran ini terjadi pada pagi hari tadi. Kebakaran diduga disebabkan tabrakan dari truk tangki yang sedang mengisi ulang BBM di SPBU tersebut.

Petugas Sudin PKP Jaktim siram BBM yang tumpah di SPBU di KalimalangPetugas Sudin PKP Jaktim siram BBM yang tumpah di SPBU di Kalimalang (Foto: Anggi Ayu Reni Kuswoyo/detikcom)


Tabrakan itu menyebabkan salah satu kabel putus sehingga menimbulkan percikan api. Percikan ini memicu timbulnya api.

Setelah dipadamkan petugas SPBU, petugas Sudin PKP Jaktim mengecek dan menyiram BBM yang tumpah. Saat ini SPBU tersebut tak beroperasi sementara. Polisi ikut menyelidiki kasus kebakaran ini.
(jbr/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed