DetikNews
Rabu 04 Oktober 2017, 07:30 WIB

KRL Anjlok, DPR Minta Pemerintah Evaluasi soal Pemeliharaan

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
KRL Anjlok, DPR Minta Pemerintah Evaluasi soal Pemeliharaan Foto: Tsarina Maharani/detikcom
Jakarta - Komisi V DPR meminta pemerintah untuk melakukan evaluasi setelah adanya Kereta Rel Listrik (KRL) yang anjlok di sekitar Stasiun Manggarai. Aspek perawatan dan pemeliharaan transportasi umum ini diminta untuk lebih diperhatikan.

"Ini yang harus evaluasi kembali sehingga jangan sampai jangan hanya mengejar target untuk pengembangan perkeretaapian di Jawa, Sumatera, tapi pemeliharaan yang ada tidak memadai. Nah ini yang perlu kami evaluasi," kata Wakil Ketua Komisi V DPR Muhidin M Said, saat dihubungi, Selasa (3/10/2017) malam.


Muhidin menjelaskan KRL ini menjadi salah satu transportasi umum yang menjadi pilihan warga sebab murah den cepat. Antusiasme warga ini, menurut Muhidin, harus dijaga dengan selalu melakukan pembenahan di setiap sektor.

"Kami dorong supaya pemeliharaan ini benar-benar karena di satu sisi meminta masyarakat untuk memanfaatkan transportasi umum khususnya perekertaapian yang lebih murah, cepat dan aman. Intinya di situ," jelasnya.



Terkait penyebab KRL anjlok, Muhidin mengungkapkan tim saat ini masih melakukan investigasi. Namun pada prinsipnya, kejadian tersebut dapat dijadikan oleh semua pihak untuk melakukan evaluasi agar bisa melayani masyarakat secara maksimal.


"Masih investigasi, kita belum bisa simpulkan, memang di satu sisi sekarang pemerintah ini niatnya pengembangan kereta api sehingga bisa melayani masyarakat maksimal, harap ini pemeliharaan dengan mendorong adanya evaluasi," ungkapnya.

[Gambas:Video 20detik]




(knv/jor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed