DetikNews
Selasa 03 Oktober 2017, 19:36 WIB

Saat Jokowi Buka Rahasia Kebugaran di Depan Para Pengusaha

Danu Damarjati - detikNews
Saat Jokowi Buka Rahasia Kebugaran di Depan Para Pengusaha Presiden Jokowi (Foto: screenshot YouTube)
Jakarta - Presiden Joko Widodo membagi rahasia kebugarannya di depan para pengusaha. Rahasianya adalah kelapa hijau.

"Kelapa, yang sudah ekspor, sekarang ini betul-betul sangat dicari airnya," kata Jokowi dalam pidato penutupan Rapat Koordinasi Nasional Kamar Dagang Indonesia (Kadin) 2017 di ballroom Hotel Ritz-Carlton, Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (3/10/2017).

Dia membahas kelapa hijau sebagai komoditas baru selain sawit, kopi, atau cokelat. Kata dia, kelapa hijau memang bermanfaat bagi kesehatan. Dia yang semula tak mengkonsumsi kelapa hijau kini menjadi rutin meminum buah dari pohon khas kawasan tropis ini.

"Dulu saya nggak pernah minum. Sekarang saya minum seminggu tiga kali. Saya lihat memang sangat bermanfaat, terutama kelapa hijau," kata Jokowi.

"Kalau mau segar terus, minum kelapa hijau," saran Jokowi.

Ada pula tanaman komoditas lainnya, seperti teh, kayu manis, hingga gula aren. Permintaan dari luar negeri akan hasil-hasil tanaman itu terbilang banyak. Jokowi mendorong agar para pengusaha serius menggarap bisnis ini.

"Pala, vanila, nggak pernah dikerjakan secara besar-besaran. Dulu pala itu, Vietnam belajar ke kita. Sekarang dia (Vietnam) lebih gede dari kita," kata Jokowi.
(dnu/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed