Wajib Bayar Pakai e-Toll Meski Ada Petugas, Ini Kata Jasa Marga

Indah Mutiara Kami - detikNews
Selasa, 03 Okt 2017 15:28 WIB
Foto: Screenshot Video
Jakarta - Video pengendara yang menolak membayar dengan e-Toll dan berdebat dengan petugas di gardu tol masih ramai jadi perdebatan sendiri. Mengapa pengendara tetap wajib memakai e-Toll meski ada petugas yang berjaga?

Dalam video berdurasi 3 menit 20 detik itu, pengendara tampak menyerahkan uang tunai kepada petugas. Si petugas kemudian mengingatkan bahwa pembayaran jalan tol kini hanya bisa menggunakan kartu e-Toll.



AVP Corporate Communication Jasa Marga Dwimawan Heru menjelaskan sejumlah gerbang yang hanya melayani e-Toll masih dijaga petugas. Alasannya, sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat.

"Meskipun kita memberlakukan gerbang e-Toll 100 persen, tapi karena ini masih boleh dibilang masa transisi, untuk antisipasi orang bertanya, Jasa Marga memberikan layanan untuk memberi informasi," kata Heru saat dihubungi detikcom, Selasa (3/10/2017).

Aturan semua gerbang tol wajib menggunakan e-Toll memang baru berlaku pada 31 Oktober 2017. Namun Jasa Marga berpegang pada Peraturan Menteri PUPR Nomor 16/PRT/M/2017 yang mewajibkan pada akhir September sudah ada 60% gerbang tol yang menerapkan transaksi elektronik.

"Yang nggak bawa e-Toll, ya beli. Gimana kalau nggak mau pakai, maunya pakai tunai, ya mau masuk jalan tol aturannya adalah membayar dengan transaksi nontunai. Kita harapkan ikuti aturan di jalan tol," tegas Heru.



Sebelumnya diberitakan, video yang beredar di Facebook, Twitter, dan grup WhatsApp ini tampak direkam dari mobil yang melintas di gerbang tol. Saat tiba di gerbang dengan petugas, seorang pengendara mobil menyerahkan uang tunai. Si petugas kemudian mengingatkan bahwa pembayaran tol kini hanya bisa menggunakan kartu e-Toll.

Di video itu, terdengar suara klakson dari belakang si pengendara mobil yang berdebat di gardu tol ini. Pengendara mobil tetap menolak mundur ataupun membayar nontunai dan tetap berdebat dengan petugas tol. Petugas tol tersebut tampak beberapa kali tersenyum saat meladeni ucapan si pengendara mobil.

Hingga akhirnya pengendara mobil itu membayar kepada petugas satpam dan petugas satpam itulah yang menyentuhkan kartu e-Toll ke mesin. Perdebatan di gardu tol di video itu sendiri memakan waktu 3 menit 20 detik. (imk/fjp)