DetikNews
Selasa 03 Oktober 2017, 14:00 WIB

Panglima TNI Gelar Tabur Bunga di Selat Sunda

Aditya Fajar Indrawan - detikNews
Panglima TNI Gelar Tabur Bunga di Selat Sunda Panglima TNI Gelar Tabur Bunga di Selat Sunda (Adit/detikcom)
FOKUS BERITA: HUT TNI Ke-72
Cilegon - Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menggelar upacara tabur bunga di laut. Dengan menggunakan KRI dr Soeharso, Gatot memberikan penghormatan kepada prajurit yang gugur di laut.

Berdasarkan pantauan detikcom pada pukul 13.02 WIB, setelah menyaksikan prosesi geladi bersih peringatan HUT TNI ke-72 di Dermaga Pantai Indah Kita, Cilegon, Banten, rombongan Panglima kemudian bertolak menuju KRI dr Soeharso, yang selanjutnya berlayar menuju perairan Selat Sunda.

"Dalam HUT TNI ini, kita telah melakukan ziarah mantan presiden sebagai panglima tertinggi serta Panglima Jenderal Sudirman. Kita juga berziarah ke Seroja dan Dili, serta ziarah di laut ini," kata Gatot di atas kapal KRI dr Soeharso, Selasa (3/10/2017).




Panglima juga didampingi KSAL Laksamana TNI Ade Supandi, KSAU Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, serta KSAD Jenderal TNI Mulyono. Baginya, laut adalah tempat makam para prajurit yang telah berjuang untuk negara.

"Ini adalah tempat dimakamkannya prajurit terbaik kami yang sangat cinta pada kesatuan negara Republik Indonesia. Jadi TNI tetap memperhatikan prajurit-prajurit yang gugur di mana pun mereka berada," jelas Gatot.

Sebelumnya Panglima menyaksikan prosesi geladi bersih HUT TNI ke-72 di Dermaga Pantai Indah Kiat, Cilegon, Banten. Parade dan defile berbagai alutista diperagakan yang nantinya akan ditampilkan pada 5 Oktober nanti.

Rencananya, pada hari-H nanti, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan hadir sebagai inspektur upacara.

Panglima TNI Gelar Tabur Bunga di Selat SundaPanglima TNI Gelar Tabur Bunga di Selat Sunda (Adit/detikcom)

(adf/rvk)
FOKUS BERITA: HUT TNI Ke-72
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed