Ditegur CCTV Bersuara, Pemotor di Thamrin Celingak-celinguk

Cici Marlina Rahayu - detikNews
Senin, 02 Okt 2017 17:08 WIB
Markas CCTV Bersuara di Jakarta (Cici Marlina Rahayu/detikcom)
Jakarta - Seorang pemotor yang berkendara di persimpangan MH Thamrin-Kebon Sirih terlihat celingak-celinguk saat ditegur CCTV bersuara. Pemotor tersebut berhenti di garis marka jalan.

Seorang petugas operator UP Sistem Pengendali Lalu Lintas (SPLL), Danti, menegur pengendara tersebut lewat pusat kontrol di ruangan NOC (Network Operation Center), gedung Badan Pajak dan Retribusi Daerah, lantai 16, Jalan Abdul Muis, Jakarta Pusat, Senin (2/10/2017), pukul 11.24 WIB.

"Selamat siang untuk pengendara kendaraan roda dua, harap berdiri di belakang garis marka rambu lalu lintas. Untuk pengendara roda dua berjaket merah, harap berdiri di belakang garis putih marka rambu lalu lintas," kata Danti lewat earphone yang terhubung ke loudspeaker di persimpangan MH Thamrin-Kebon Sirih.

[Gambas:Video 20detik]





Setelah teguran ini, pemotor tidak langsung memundurkan kendaraannya. Pemotor tersebut terlihat celingak-celinguk menengok ke kanan dan ke kiri.

Setelah Danti memberi teguran, dengan menyebutkan pakaian yang dikenakannya, pemotor tersebut langsung memundurkan kendaraannya dan terlihat kebingungan.

[Gambas:Video 20detik]





Danti menceritakan cara kerja dirinya sebagai operator suara. Dia mengecek pengendara yang melanggar dan langsung mengambil tindakan teguran dengan mengeklik play pada sistem.

"Ngeliat dari CCTV, kalau ada yang melanggar posisinya, atau melakukan tindakan yang salah, kita tegur langsung. Biasanya pemotor yang melewati garis. Kalau menerobos lalu lintas belum ada. Jadi kita menegurnya lewat identifikasi baju yang dipakai. Karena kita belum bisa melihat nomor pelatnya. Jadi pakai warna baju dulu," cerita Danti saat ditemui detikcom. (cim/imk)