Hoax or Not

Ramai Broadcast Tawuran 2 Kelompok di Cililitan, Begini Faktanya

Aditya Fajar Indrawan - detikNews
Senin, 02 Okt 2017 16:11 WIB
Hoax or not tawuran di Jalan Raya Bogor (Foto: Andhika Akbarayansyah/detikcom)
Jakarta - Pesan berantai (broadcast) adanya tawuran di Jalan Raya Bogor arah ke Cililitan, Jakarta Timur tersebar lewat aplikasi pesan instan. Broadcast itu juga disertai foto seorang pria yang terluka parah di bagian tangan. Beneran?

Isu

Broadcast tersebut menyebut tawuran yang terjadi di Jalan Raya Bogor arah Cililitan. Tawuran tersebut pun dikabarkan telah meluas lokasi peristiwanya. Di dalam pesan, pengguna jalan diminta berhati-hati.

Ada dua pesan yang disebar. Berikut bunyi pesannya:

Pesan kesatu:

Kepada teman2 semua..hindari.jalan raya bogor arah.cililitan..bentrokan mulai melebar ke arah ..uki cawang dan kramat jati...😎
Hati2 yaa yg mau lewat arah Cililitan - Dewi Sartika lg ada tawuran antar warga (infonya warga ambon vs warga pribumi budi asih)
Jangan lewat dewi sartika dulu ,, di karenakan korban sudah ada ,, dan tawuran akan berlanjut sampai malam..

Pesan kedua:

Kepada teman2s.hindari.jalan raya bogor arah.cililitan..bentrokan mulai melebar ke arah ..uki cawang dan kramat jati...😎
Info yang melintasi jln celilitan hati hati " ada perang antara FBR sama AMBON

Penelusuran

detikcom melakukan penelusuran terhadap informasi tersebut dengan mendatangi Jalan Raya Bogor dan sekitarnya. Berdasarkan pantauan, tidak ada tawuran di lokasi tersebut.

Penampakan Jalan Raya BogorPenampakan Jalan Raya Bogor (Foto: Aditya Fajar Indrawan/detikcom)

Kapolres Jakarta Timur Kombes Andry Wibowo mengatakan informasi yang tersebar tersebut ialah informasi palsu (hoax).

Dia mengatakan petugas telah melakukan pengecekan ke lokasi untuk mengetahui peristiwa tersebut. Dia memastikan gambar dan informasi yang ada di dalam broadcast tersebut juga hoax.

Ramai Broadcast Tawuran 2 Kelompok di Cililitan, Begini FaktanyaKondisi Jalan Raya Bogor (Foto: Aditya Fajar Indrawan/detikcom)

"Itu hoax, kita dah cek semuanya nggak ada apa-apa dari kejadian yang dimaksud. Semua kelompok yang berkaitan nggak ada, gambar, dan berita juga hoax," kata Andry ketika dikonfirmasi detikcom, Senin (2/10/2017).

Kapolsek Kramat Jati Kompol Supoyo juga menyebut broadcast itu tidak benar. Polisi sudah mengecek kawasan Cawang, PGC, Kramat Jati, dan Jalan Raya Bogor.

Kondisi di Jalan Raya Bogor, Kramat JatiKondisi di Jalan Raya Bogor, Kramat Jati (Foto: Aditya Fajar Indrawan/detikcom)

"Dua hari sebelumnya juga beredar hal yang sama, malah tadi malam saya sudab panggil kelompok-kelompok terkait dari FBR, Ambon-Ambon di situ kita kumpulin nanya kabar itu. Jadi saya garis bawahi kabar itu tidak benar," tegas Kompol Supoyo.

Kesimpulan

Informasi tawuran di Jalan Raya Bogor hoaxInformasi tawuran di Jalan Raya Bogor hoax (Foto: Andhika Akbarayansyah/detikcom)

Broadcast bahwa ada tawuran di Jalan Raya Bogor arah ke Cililitan yang meluas sampai ke UKI dan Kramat Jati ialah hoax. (jbr/imk)