DetikNews
Senin 02 Oktober 2017, 12:14 WIB

Kembangkan Potensi Daerah, Sumsel Targetkan Prestasi Terbaik

Mega Putra Ratya - detikNews
Kembangkan Potensi Daerah, Sumsel Targetkan Prestasi Terbaik Foto: Dok Pemprov Sumsel
Jakarta - Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) bersama dua kota dan kabupaten di wilayahnya menang dalam ajang Indonesia Attractiveness Award 2017. Tuan rumah Asian Games 2018 ini dinobatkan sebagai Provinsi Terbaik, sedangkan Palembang sebagai Kota Terbaik dan Kabupaten Musi Banyuasin sebagai Daerah Potensial Terbaik.

Dalam keterangan tertulis Pemprov Sumsel, Senin (2/10/2017), ajang ini digelar oleh Tempo Inti Media bekerja sama dengan Frontier Consulting Group di Hotel Westin, Jakarta, Jumat (29/9/2017).

Direktur Utama Tempo Inti Media Toriq Hadad mengatakan penghargaan ini diberikan bagi pemerintah tingkat dua/kabupaten/kotamadya dan tingkat satu/provinsi/daerah istimewa atas keberhasilan pemerintah daerah dalam mengembangkan potensi dan membangun ekonomi daerah.

Di lain pihak, CEO Frontier Consulting Group Handi Irawan mengatakan penilaian terhadap daerah terbaik ini mereka lakukan dengan menggunakan empat komponen utama yakni tingkat investasi, jumlah infrastruktur, pelayanan publik, dan pariwisata.

Dari empat komponen itu dihasilkan Indonesia Attractiveness Awards Index yang digunakan sebagai dasar pemeringkatan daerah terbaik. Empat kriteria penilaian itu menjadi rekam jejak pemimpin daerah tersebut.

Gubernur Sumsel Alex Noerdin yang datang langsung menerima penghargaan mengaku sangat bangga Sumsel bisa terpilih dalam ajang bergengsi seperti ini.

"Ini menjadi motivasi bagi kami untuk lebih baik. Kalau penghargaan diberikan oleh yang lain barangkali beda juga. Ini kan Tempo jelas kita tahu sangat kredibel, semoga ini menjadikan Sumsel lebih baik ke depan," ujarnya.

Alex berharap, tahun depan lebih banyak lagi penghargaan yang bisa diraih Sumsel. Alex yakin potensi yang ada pada 17 kabupaten dan kota di Sumsel masih bisa dikembangkan.

"Mudah-mudahan tahun depan lebih banyak lagi," tambahnya.

Penghargaan ini juga disambut antusias oleh Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin. Dia menyatakan akan mendorong berbagai sektor untuk ditingkatkan lebih maju lagi.

Di bidang investasi, pihaknya sekarang ini tengah memanfaatkan potensi sumber daya alam yang tersedia di Kabupaten Musi Banyuasin.

"Di antaranya terdiri dari minyak, gas bumi, dan batu bara serta kelapa sawit," ujarnya.

Sedangkan di bidang pelayanan publik, Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin tengah memberdayakan pelayanan satu pintu untuk memberikan pelayanan termudah bagi masyarakat.

Berkaitan dengan pelayanan publik tersebut pihaknya juga merilis sebuah aplikasi yang bisa bisa diunggah oleh masyarakat untuk memberikan aduan soal pelayanan pemkab. Aplikasi tersebut dinamakan Senjang.

"Aplikasi tersebut baru dua hari kita launching, sekarang bisa di-download di playstore," terangnya.

Melalui aplikasi ini masyarakat bisa memberikan aduan soal pelayanan pemkab.

"Sebagai contoh ada jalanan yang jelek dia (masyarakat) bisa foto dan kirim ke aplikasi tersebut. Dia bisa mengadu dan langsung sampai ke saya. Ada comment center-nya juga untuk meneruskan ke dinas-dinas terkait termasuk progres laporannya ke kita langsung," paparnya.

Selain itu, pihaknya saat ini juga fokus meningkatkan potensi pariwisata dan infrastruktur. Di bidang pendidikan misalnya, langkah yang sudah ditempuh oleh pihaknya adalah melakukan kerja sama dengan Putera Sampoerna Foundation School Development Outreach (PSF-SDO).

Program kerja sama tersebut diberi nama Lighthouse School dan Pusat Belajar Guru. Program ini berfokus pada pengembangan profesionalitas guru, peningkatan kualitas manajemen sekolah, peningkatan kapasitas siswa dan pemberdayaan komunitas sekolah, yang tentunya dapat mendorong kesetaraan pendidikan lokal dengan negara-negara maju.

Terlebih dilengkapi oleh tenaga-tenaga pengajar atau instruktur dari negara-negara terdepan.

"Metode pembelajaran dengan negara-negara luar melalui kerja sama lighthouse diharapkan menjadi mercusuar pendidikan di Indonesia. Melalui partisipasi aktif dari berbagai kalangan, program ini mampu membawa generasi muda menjadi siswa-siswa berprestasi di wilayah Sumsel," harap mantan anggota Komisi VI DPR RI ini.
(ega/nwy)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed