Deteksi Kanker Jadi Perhatian Iriana Jokowi di Baksos Bhayangkari

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Senin, 02 Okt 2017 11:50 WIB
Foto: Ibu Presiden RI Iriana Joko Widodo beserta Ibu Wapres Mufida Jusuf Kalla menghadiri bakti sosial dalam rangka Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari (HKGB) ke-65. (Wildan/detikcom)
Jakarta - Ibu Presiden Iriana Joko Widodo menghadiri kegiatan bakti sosial Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari (HKGB) ke-65 di Bantar Gebang. Deteksi penyakit kanker serviks dan payudara jadi perhatian Iriana Jokowi di baksos tersebut.

"Ini sebetulnya acara yang terprogram jauh sebelumnya karena memperingati ke-65 hari Bhayangkari. Kebetulan mengadakan diteksi dini untuk kanker serviks dan payudara sehingga kita gabungkan menjadi suatu kegiatan yang serempak, di mana hal itu menarik perhatian Ibu Negara dan juga Ibu Wakil Presiden," ujar Ibu Kapolri Trie Suswati Karnavian, di Lapangan Kecamatan Bantar Gebang, Kota Bekasi, Senin (2/10/2017).

Trie mengatakan program deteksi kanker serviks dan payudara ini juga merupakan bagian dari program yang dicanangkan Iriana Jokowi dan Mufida Kalla. Menurutnya yang menarik adalah deteksi menggunakan alat USG.

"Beliau suprises karena beliau juga baru tahu ada pemeriksaan payudara melalui USG, selama ini beliau tahu secara pemeriksaan biasa dan memakai memografi. Ternyata ada USG yang sebetulnya lebih gampang dioperasikan," kata Trie.

Dalam baksos yang digelar Yayasan Kemala Bhayangkari Irianan Jokowi dan Mufida Kalla juga sempat meninjau taman baca yang dibuat di lokasi baksos. Keduanya juga melakukan sosialisasi bahaya narkoba ke siswa SD se Kota Bekasi.

"Beliau meninjau IVA tes, meninjau USG payudara juga melakukan interaktif kepada peserta. Selanjutnya melihat taman bacaan dan meninjau sosialisasi anti narkoba untuk anak-anak SD," sebut Trie. (nvl/nvl)