DetikNews
Senin 02 Oktober 2017, 03:35 WIB

Saat Wayang Ceng Blong Hibur Para Pengungsi Gunung Agung

Prins David Saut - detikNews
Saat Wayang Ceng Blong Hibur Para Pengungsi Gunung Agung Suasana di pengungsian (Foto: Dok. Istimewa)
Denpasar - Selain mengamankan desa-desa yang ditinggal mengungsi, rupanya jajaran Satuan Binmas Polres Karangasem juga menghibur para pengungsi. Salah satu hiburan yang disuguhkan berupa wayang ceng blong dan mampu menghipnotis para pengungsi di balai dusun.

Hiburan wayang kulit yang menggunakan bayangan itu digelar di Pos Pengungsi Gunung Agung Balai Banjar (Dusun) Dukuh, Bebandem, Karangasem, Minggu (1/10/2017) pukul 19.30 WITa. Penggagasnya adalah satuan Binmas Polres Karangasem dibawah koordinasi Iptu Sutoyo dan staf operator penyuluhan Binmas Aipda Eko Waluyo dan Aiptu Komang Kartika.

"Kegiatan ini sangat penting untuk memberikan penanganan khusus bagi para pengungsi. Tidak kalah pentingnya adalah memberikan hiburan bagi para anak-anak serta warga di tempat pengungsian. Sehingga melupakan kesedihan selama ini karena meninggalkan rumahnya ke tempat pengungsian," kata Kapolres Karangasem AKBP I Wayan Gede Ardana kepada detikcom.

Saat Wayang Ceng Blong Hibur Para Pengungsi Gunung AgungFoto: Dok. Istimewa
Hiburan wayang khas Pulau Dewata ini akan digelar keliling balai banjar atau balai desa. Hal ini dilakukan di balai-balai karena Gubernur Bali Made Mangku Pastika meminta pengungsi sah Gunung Agung untuk ditempatkan di balai-balai agar lebih nyaman.

Sementara itu, hiburan di Balai Banjar Dukuh tersebut disaksikan sedikitnya 589 orang pengungsi dari Banjar Yeh Kori, Jungutan, Karangasem. Hiburan ini disambut antusias pengungsi karena mereka haus akan hiburan setelah mengungsi lebih dari satu pekan.


Iptu Sutoyo selaku koordinator lapangan mengatakan kegiatan hiburan ini akan dilaksanakan secara maksimal untuk memulihkan dampak psikologis para pengungsi. Benar saja, Sang Dalang yang memainkan wayang tersebut kerap memancing tawa para pengungsi dengan kisah-kisah atau dialog jenaka.

"Dengan memberikan hiburan anak-anak dan warga pengungsi diharapkan merasa terhibur," kata Sutoyo di sela-sela pemutaran wayang tersebut.
(vid/rna)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
  • Foto News

    Ini Dia Saksi Bisu Akhir Kekuasaan ISIS di Raqqa

    DETIKPHOTO | Kamis 19 Oktober 2017, 15:09 WIB Hampir empat tahun Raqqa dikuasai ISIS. Kota ini menjadi lumpuh dan porak-poranda layaknya kota hantu. Berikut adalah potret saksi bisunya.