Akrabnya Djarot dan Anas di Banyuwangi, Kode Maju Pilgub Jatim?

Ardian Fanani - detikNews
Minggu, 01 Okt 2017 19:29 WIB
Foto: Akrabnya Djarot dan Anas di Banyuwangi (Adrian-detikcom)
Foto: Akrabnya Djarot dan Anas di Banyuwangi (Adrian-detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengunjungi Kabupaten Banyuwangi, sejak Jumat (29/9) kemarin hingga Minggu (1/10/2017). Kehadiran Djarot disambut Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. Keduanya bersama sejumlah jajarannya tampak menikmati beberapa lokasi destinasi wisata dan acara festival di Banyuwangi.

Keakraban Djarot dan Anas ini pun menuai spekulasi, terutama dikaitkan dengan pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jatim 2018 mendatang. Kebetulan, kedua sosok itu masuk radar berbagai lembaga survei, sehingga spekulasi keduanya bakal berpasangan pun merebak.

Tapi baik Djarot dan Anas ogah menanggapi soal hal tersebut. Anas hanya tersenyum saat dimintai komentar tentang itu.

"Jangan ngomongin Pilgub Jatim deh, itu wewenang pimpinan partai," ujar Anas kepada sejumlah wartawan, Minggu (1/10/2017).




Sementara Djarot juga mengamini apa yang diungkap oleh Anas. Saat ditanya tentang isu tersebut, Djarot malah mengalihkan pembicaraan tentang pariwisata yang bagus di Banyuwangi.

"Saya ini ingin melihat destinasi wisata di Banyuwangi yang katanya indah. Dan memang saya ingin naik ke Ijen lihat blue fire," ujarnya.

Saat ditanya terkait bocoran rekomendasi dari DPP PDIP, siapa yang akan maju dalam Pilgub Jatim, Djarot enggan berkomentar.

"Enggak ada bocoran. Saya masih belum tahu. Sabar aja dulu. Nanti juga akan diumumkan oleh Pusat," tambahnya.


Akrabnya Djarot dan Anas di Banyuwangi, Kode Maju Pilgub Jatim?Foto: Akrabnya Djarot dan Anas di Banyuwangi (Adrian-detikcom)


Muncul spekulasi ini dikarenakan keakraban keduanya saat di beberapa tempat dan acara yang digelar di Banyuwangi. Saling puji juga terjadi saat pertemuan di Villa Solong, Kalipuro, saat menikmati sunset di pinggir pantai yang berlatar Pulau Bali itu.

Djarot dan Anas tampak akrab duduk semeja. Keduanya terlibat perbincangan serius, namun beberapa kali keduanya juga tampak tertawa lepas. Djarot dan Anas pun sempat berpose dengan bersalam komando.

Gubernur DKI Jakarta Saiful Hidayat mengaku senang bisa berkunjung ke Banyuwangi. Dia berharap makin banyak daerah terus berkreasi sehingga Indonesia bisa semakin maju.

"Saya senang karena bisa menikmati Gunung Ijen. Ramai sekali. Cantik pemandangannya," ujarnya.

Djarot dan jajarannya datang ke Banyuwangi untuk membagi pengalaman dan inspirasi kepada birokrasi di kabupaten ujung timur Pulau Jawa tersebut. "Saya mengapresiasi apa yang dilakukan Pemkab Banyuwangi yang terus mendorong pemanfaatan teknologi informasi untuk pelayanan publik. Itu sudah keharusan. Kami di Jakarta sudah sangat luas melakukannya," ujar Djarot.

Sementara itu, Bupati Anas berterima kasih kepada Djarot yang telah meluangkan waktunya ke Banyuwangi.

"Kehadiran Mas Djarot memberi semangat kepada kami sebagai daerah yang sangat jauh dari kota-kota besar untuk terus memperbaiki diri," kata Anas.

Anas mengatakan, Djarot sendiri sudah dikenalnya cukup lama. Anas kerap berjumpa dengan mantan Wali Kota Blitar itu dalam sejumlah acara.

"Beberapa bulan lalu saya juga bertamu di rumah beliau yang di Blitar saat akan ziarah ke makam Bung Karno. Beliau sosok yang inovatif, pekerja keras, serta sangat senang memotivasi dan berbagi pengalaman positif ke orang lain," ujar Anas.

Tak hanya menikmati keindahan Kawah Ijen, Djarot juga menikmati kopi khas Kemiren di Sanggar Genjah Arum, Banyuwangi. Tak hanya itu, Djarot juga sempat mampir di Bangsring Underwater, Kecamatan Wongsorejo dan menghadiri penutupan kompetisi balap sepeda ITdBI 2017 di Taman Blambangan kemarin.

Akrabnya Djarot dan Anas di Banyuwangi, Kode Maju Pilgub Jatim?Foto: Akrabnya Djarot dan Anas di Banyuwangi (Adrian-detikcom)
(rvk/rvk)