Jokowi Ajak Barista dan Pemilik Kedai Ngopi di Istana Bogor

Ray Jordan - detikNews
Minggu, 01 Okt 2017 18:42 WIB
Presiden Jokowi/ Foto: Biro Pers Setpres
Jakarta - Presiden Joko Widodo mengisi waktu sore ini dengan minum kopi di Istana Kepresidenan Bogor. Jokowi mengundang para barista dan pemilik kedai kopi lokal dalam kegiatannya ini.

Kegiatan ngopi bareng ini berlangsung di teras belakang Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Minggu (1/10/2017). Jokowi dan para tamunya duduk berbarengan sambil menikmati hijaunya kawasan Istana Bogor.

Suasana ngopi bareng ini berlangsung santai. Bahkan Jokowi juga terlibat diskusi dengan para petani, barista dan pemilik kedai kopi.

"Kita tahu semuanya, Indonesia adalah produsen kopi yang ke-4. Di atasnya masih ada Brasil, Vietnam, Kolombia lalu Indonesia. Seharusnya, kalau kita melihat di lapangan, misalnya di Aceh tengah,di Gayo, di Bener Meriah, itu ada. Kemudian yang saya lihat juga kemarin terakhir di Jember juga ada," kata Jokowi.

Di tengah perbincangan santai itu, suasana mendung dan hujan gerimis turun. Jokowi dan para tamunya kemudian bergerak pindah 'tongkrongan' di dalam Ruang Garuda Istana Bogor.

Di sana, suasana juga berlangsung. Jokowi duduk dengan dihadapkan meja panjang. Semua bangku terisi penuh oleh tamunya, bahkan barisan di seberang Jokowi berlapis jadi tiga.

Penyandang difabel, yang juga penggemar kopi, Surya Sahetapy turut terlibat dalam diskusi ini. Bahkan dia menyatakan dengan bahasa isyarat bahwa dirinya menyukai kopi Indonesia.

Anak pasangan Dewi Yul dan Ray Sahetapy ini kemudian mengajak Jokowi dan para tamu undangan untuk memperagakan bahasa isyarat 'Saya Suka Kopi Indonesia'. Jokowi tampak antusias dan tersenyum menirukan Surya.

Usai ngopi bareng, Jokowi mengajak semua tamunya untuk foto bersama di teras depan Istana Bogor. (jor/rvk)