DetikNews
Minggu 01 Oktober 2017, 13:58 WIB

Melihat Kembali SR Sroeni, Tempat Belajar Letkol Untung

Rinto Heksantoro - detikNews
Melihat Kembali SR Sroeni, Tempat Belajar Letkol Untung Foto: Rinto Heksantoro/detikcom
Kebumen - Tak banyak orang tahu bahwa mendiang Letkol Untung, yang diduga menjadi otak dalam pemberontakan G30S 1965 pernah belajar di Sekolah Rakyat (SR) Sroeni' di Desa Bojongsari, Kecamatan Alian, Kabupaten Kebumen Jawa Tengah.

Untung yang lebih dikenal dengan nama Kusmindar atau Kusman di kampungnya itu, pernah mengenyam pendidikan hingga kelas 3. Selanjutnya dia pindah ke Solo dan diasuh pamannya, Samsuri, yang tak punya anak.

Baca juga: Jejak Letkol Untung, dari PKI Madiun ke Lubang Buaya 1965

Meski warga sekitar tahu jika dulunya Letkol Untung pernah belajar di sekolah yang kini bernama SD Negeri 1 Bojongsari itu, tapi nama Kusmindar atau Kusman alias Untung belum tercatat dalam buku induk siswa yang baru dibuat tahun 1940 an. Kemungkinan, selama belajar 3 tahun di sekolah rakyat itu, Kusmindar yang lahir di Kebumen, 3 Juli 1926 tercatat pada dokumen lain yang tidak sempat diamankan oleh pihak sekolah.

"Data tertua dalam buku induk siswa ini adalah murid kelahiran tahun 1940-an, sedangkan Kusmindar kan lahir tahun 1926 jadi kemungkinan belum masuk buku induk ini atau malah tercatat pada buku lain," kata Kepala Sekolah SDN 1 Bojongsari Edy Sutrisno kepada detikcom, Rabu (27/9/2017).

Melihat Kembali SR 'Seruni', Tempat Belajar Letkol UntungKepala Sekolah SDN 1 Bojongsari Edy Sutrisno (Foto: Rinto Heksantoro/detikcom)


Edy menambahkan, sekolah itu baru mulai dibangun dengan bagus pada sekitar tahun 1950. Merunut dari sejarah itu, Kusmindar yang sempat sekolah di SD yang dulunya sekolah rakyat itu, keluar dari sekolah sebelum tahun 1940.

"Sekolah ini kan dibangun sekitar tahun 1950 an, sedangkan Kusmindar yang hanya sampai kelas 3 berarti kan sekolah di sini dan keluar sebelum tahun 1940, jadi kemungkinan masih bangunan kuno jaman dulu," imbuhnya.

Melihat Kembali SR 'Seruni', Tempat Belajar Letkol UntungSuasana SDN 1 Bojongsari (Foto: Rinto Heksantoro/detikcom)


Sementara itu salah satu perangkat Desa Bojongsari, Muhammad Aziz Komari (54) menuturkan bahwa kerabat dari Letkol Untung alias Kusmindar adalah orang yang cerdas dan berprestasi dari segi akademis. Hal itu mungkin karena sosok Kusmindar sendiri dikenal sebagai TNI yang cerdas dan berprestasi.

"Iya itu saudara-saudaranya pada pinter-pinter semua, cerdas, prestasi di sekolah juga selalu juara. Itu anaknya pak Muhyono (kerabat Letkol Untung), semuanya 7 dan juara kelas semua hingga lulus," tuturnya.

Di kalangan warga, Letkol Untung sendiri memang terkenal cerdas dan mempunyai berbagai prestasi. Namun, warga desa setempat tidak mengira jika akhirnya dia terlibat dalam pemberontakan G30S 1965.


(erd/jat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed